Satu-Satunya di Jakarta, Warga Cipinang Kembangkan Hidroponik Berbasis IoT

 Sariagri - Greenhouse Kampung Kolaborasi yang terletak di RW 8, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menjadi satu-satunya kebun hidroponik di Jakarta yang berbasis IoT (Internet of Things). Dengan penggunaan IoT, perawatan tanaman kini bisa dilakukan dari jarak jauh
menggunakan
 aplikasi yang terhubung dengan telepon pintar atau smartphone.

"Di kebun ini semuanya menggunakan aplikasi, istilahnya berbasis modern. Jadi semua pengaturan, mulai dari pengairan hingga pengaturan cuaca menggunakan aplikasi," kata Bejo Mulyono, salah satu penggiat hidroponik di sana, Selasa (10/1).

Menurut Bejo, penggunaan IoT memudahkan pekerjaan dalam budidaya sayuran hidroponik. Ia juga berharap nantinya greenhouse yang ada di wilayah tersebut bisa dijadikan contoh kepada kelompok tani lainnya di wilayah Jakarta.

"Kedepannya Insya Allah untuk kelompok-kelompok lain juga mungkin mudah-mudahan bisa meniru dengan kelompok tani disini," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta terus mendukung adanya kegiatan urban farming berbasis IoT.

Sub koordinator Urusan Penganekaragaman Konsumsi Keamanan Pangan dan Penyuluhan Bidang Ketahanan Pangan dinas KPKP, Solihin mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mengajak warga Jakarta untuk memanfaatkan lahan-lahan yang ada untuk kegiatan urban faming.

"Kita tetap menggalakkan kepada masyarakat untuk pemanfaatan lahan-lahan di sekitar masyarakat untuk dikembangkan usaha budidaya tanaman sayuran, buah-buahan maupun tanaman obat keluarga," ujarnya.

Solihin mengatakan, greenhouse Kampung Kolaborasi dengan penerapan IoT, nantinya bisa menjadi contoh kelompok-kelompok tani yang ada di Jakarta.

sumber : https://teknologi.sariagri.id/108337/satu-satunya-di-jakarta-warga-cipinang-kembangkan-hidroponik-berbasis-iot

Posting Komentar

0 Komentar