Tingkatkan Sumber Daya, Alibaba Cloud Luncurkan Komunitas Developer Apsara Skala Global


 Warta Ekonomi, Jakarta -Tulang punggung teknologi digital dan intelegensi dari Alibaba Group, Alibaba Cloud mengumumkan peluncuran komunitas pengembang atau developer Apsara berskala tingkat internasional yang disebut sebagai Apsara Developer Community dalam acara Alibaba Cloud Developer Summit 2023 yang diselenggarakan pada 10 Januari 2023.

Melalui Apsara Developer Community ini, Alibaba Cloud menciptakan suatu wadah penghubung yang dibentuk untuk membantu dan mendukung para developer di seluruh dunia dengan menyediakan beragam tools dan sumber daya yang dibutuhkan para developer ini. Tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan komunitas developer, Apsara Developer Community juga bertujuan untuk memfasilitasi kemajuan ekonomi digital lebih lanjut di seluruh pasar.

Vice President of Alibaba Group and President of Alibaba Cloud Intelligence International Business Unit Selina Yuan menyampaikan bahwa komunitas developer telah memiliki peran yang penting dalam ekosistem dan pengembangan teknologi Alibaba Cloud. Bersama dengan komunitas yang ada, Alibaba Cloud telah melalui perjalanan dengan memaksimal setiap potensi dan peluang yang ada.

"Saya sangatlah bersemangat, seperti yang kita tahu bahwa ini adalah pertama kalinya kita mengadakan event besar seperti ini untuk para developer internasional dari Alibaba Cloud yang kita sebut sebagai Apsara Developers [...] Saya rasa hari ini adalah momen yang sangat luar biasa di mana kita melaksanakan International Developer Summit di sini. Saya sangat bangga dan sangat mengapresiasi Anda semua yang bergabung dan mendukung kami," tutur Selina dalam acara pada Selasa (10/1/2023).

Sebagai komunitas developer internasional, Apsara Developer Community menawarkan sumber daya dan wawasan untuk para developer global terkait dengan tren teknologi yang ada dan yang sedang berkembang di masyarakat, seperti yang tengah ramai saat ini adalah Web3, artificial intelligence (AI), sampai kecerdasan digital. Terkait dengan sumber daya yang disebutkan, juga termasuk akses-akses ke beberapa alat pengebangan terbaru, proyek terbaru, materi pelatihan dan tutorial, forum dan blog, acara dan kompetisi komunitas untuk menunjukkan pengembangan aplikasi, sampai peluang peningkatan keterampilan dan jaringan lainnya.

"Komunitas pengembang merupakan bagian integral dari ekosistem Alibaba Cloud. Kami berharap dapat bersama-sama dengan para developer menyediakan teknologi terbaru, sumber daya ekosistem, serta kolaborasi bisnis," ujar Selina.

Tidak hanya berupaya untuk meningkatkan sumber daya dan dukungan teknis termasuk dalam penyediaan solusi pembangunan aplikasi super, Alibaba Cloud juga menyediakan dukungan dalam bentuk kompetisi dan program beasiswa. Untuk kompetisi, Alibaba mengumumkan kompetisi PolarDB Global Hackathon 2023 yang digelar untuk mendorong developer agar dapat mengeksplorasi inovasi database cloud native. Peserta kompetisi dapat mengirimkan protek mereka mulai 10 Januari 2023 sampai 28 Februari 2023 dan pemenang akan diberikan hadiah uang tunai sebesar US$30.000.

Sementara itu untuk program beasiswa tahunan, Alibaba Cloud meluncurkan program Alibaba SMART Scholarship yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa bergabung dengan komunitas developer melalui teknologi berbasis cloud dan menjadi talenta digital lokal. Selama tahun pertama program ini, 20 peserta magang dari universitas akan direkrut untuk bergabung dengan kantor lokal Alibaba Cloud guna mendapatkan lebih banyak pengalaman di lapangan.

"Kami melihatnya pentingnya kerja sama dengan mitra lokal, itulah kenapa kami bekerja sama dengan banyak universitas di Indonesia, yang antara lain adalah universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada, Binus University, dan Universitas Indonesia. Kami bekerja sama untuk membangun tim untuk platform dan pembelajaran terbaru terkait platform ini dan dalam beberapa waktu kami dapat mendukung banyak mahasiswa dan talenta lokal untuk belajar semua ini," tambah Selina.

Selina menerangkan bahwa upaya-upaya tersebut merupakan salah satu dari bentuk kontribusi Alibaba Cloud dalam mengembangkan ekosistem opensource, melalui program-program yang diberikan, Alibaba Cloud berkomitmen untuk memberikan dampak signifikan dan berharap dapat menjadi lebih terbuka, tidak hanya dalam programnya, namun juga dalam teknologi untuk mendukung talenta digital dan para developer yang ada. Melalui komunitas, Alibaba Cloud berharap dapat memberikan dampak dan kontribusi yang lebih luas dan lebih signifikan lagi ke depannya.

Posting Komentar

0 Komentar