5 Rekomendasi Aplikasi Cybersecurity untuk Pekerja Remote


 Bagi para pekerja remote, keamanan siber atau cybersecurity menjadi hal yang sangat penting. Kamu perlu memastikan bahwa jaringan WI-FI yang kamu gunakan cukup aman untuk mengakses data-data penting.

Kesalahan sedikit saja bisa menjadi hal fatal yang memungkinkan para hacker bisa mengambil data kamu. Untungnya, ada beberapa aplikasi cybersecurity yang bisa kamu gunakan untuk meminimalisir bahaya. Berikut 5 rekomendasi aplikasi cybersecurity untuk pekerja remote.

1.Burp Suite

5 Rekomendasi Aplikasi Cybersecurity untuk Pekerja Remoteilustrasi Burp Suite (portswigger.net/burp)

Burp Suite adalah aplikasi yang digunakan untuk menguji keamanan sistem kamu. Aplikasi ini menggunakan kumpulan alat yang akan membantu mencegah peretasan. Burp Suite menguji kerentanan menggunakan 'web crawler' yang memetakan aplikasi yang ingin kamu periksa.

Tools ini akan memeriksa dan memodifikasi lalu lintas jaringan yang kamu gunakan. Tujuannya adalah untuk memeriksa semua sudut yang memungkinkan serangan siber dari penjahat maya. Burp Suite bisa kamu gunakan secara gratis.

2. Defendify

5 Rekomendasi Aplikasi Cybersecurity untuk Pekerja Remoteilustrasi Defendify (portswigger.net/burp)

Defendify adalah platform Software as a Service (SaaS) keamanan siber online yang memberikan perlindungan standar untuk perusahaan. Sebagai pekerja jarak jauh, bekerja dengan alat dan gadget yang berbeda adalah hal yang biasa.

Berangkat dari hal tersebut, Defendify menawarkan lapisan keamanan yang memberikan perlindungan lintas teknologi, terutama jika kamu tidak memiliki tim keamanan siber eksternal.

Layanan ini akan memberikan penilaian dan pengujian yang akan memeriksa kelemahan sistem kamu. Selain itu, Defendify akan membantu mendidik anggota staf tentang risiko keamanan siber dan cara mengatasinya. Aplikasi ini tersedia secara gratis.

3. Kali linux

5 Rekomendasi Aplikasi Cybersecurity untuk Pekerja Remoteilustrasi Kali Linux (kali.org)

Kali Linux adalah alat keamanan siber berbasis Linux yang dirancang untuk pengujian penetrasi. Aplikasi ini juga bisa melakukan audit keamanan dan forensik digital. Tidak seperti aplikasi lain, kamu bisa menginstal Kali Linux di perangkat seluler, mesin virtual bawaan, dan Amazon Web Services.

Sebagai perpanjangan dari distribusi Debian, Kali Linux adalah aplikasi yang stabil, aman, dan tersedia secara bebas. Versi terbaru Kali Linux hadir dengan lebih dari 600 alat pengujian penetrasi.

4. Wireshark

5 Rekomendasi Aplikasi Cybersecurity untuk Pekerja Remoteilustra Wireshark (wireshark.org/)

Jika kamu sering menggunakan hub jaringan sebagai pekerja remote, kamu mungkin rentan terhadap serangan network. Wireshark adalah aplikasi yang tepat untuk melindungimu dari serangan tersebut.

Sebagai penganalisis protokol, aplikasi ini akan memantau lalu lintas data dan menginterpretasikan sinyal yang dikomunikasikan oleh setiap sistem. Dengan menggunakan Wireshark, kamu dapat melacak koneksi jaringan dan mendeteksi saat ada lonjakan lalu lintas jaringan. 

5. PfSense

5 Rekomendasi Aplikasi Cybersecurity untuk Pekerja Remoteilustrasi PFsense (pfsense.org)

PfSense adalah perangkat lunak open-source gratis dari distribusi FreeBSD. Aplikasi ini memiliki fungsi ganda sebagai firewall dan router. Ia akan melindungi sistem komputer kamu dari jaringan yang tidak sah dan hanya akan mengizinkan yang aman.

PfSense menjadi semakin populer di kalangan pekerja remote dan pekerja lepas karena sangat cocok digunakan di rumah. Aplikasi ini memiliki sifat anti spoofing yang akan melindungi sistem dari spoofer yang dapat mencuri data perusahaan dan memalsukan data tersebut.

Keamanan siber menjadi hal yang sangat penting di era pesatnya perkembangan teknologi. Bagi para pekerja remote, mereka harus lebih berhati-hati dalam pekerjaan mereka rentan terhadap serangan siber.

Posting Komentar

0 Komentar