Aiven Luncurkan Layanan yang Bisa Digunakan Langsung pada AWS, Google Cloud, dan dan Microsoft Azure


Aiven, platform data cloud open source, mengumumkan bahwa layanan Aiven yang terkelola sepenuhnya bernama Aiven for Apache Flink®, telah tersedia untuk umum.


Hal ini manjadikan layanan terkelola Apache Flink® pertama yang dapat dijalankan di cloud pilihan yang mencakup tiga penyedia layanan cloud utama yakni AWS, Google Cloud, dan Microsoft Azure.

Selama setahun terakhir, kemampuan perusahaan-perusahaan untuk menganalisis data secara real time telah berubah dari tool yang “layak untuk dimiliki’, menjadi tool yang 'harus dimiliki'.

Dengan ini mereka dapat memberikan pengalaman yang kaya dan kontekstual kepada pelanggan dan pengguna mereka sambil tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Penambahan Aiven for Apache Flink ini memberikan ekosistem streaming open source yang komplet, yang melengkapi dan terintegrasi dengan Aiven for Apache Kafka® guna memenuhi sebagian besar skenario aplikasi data real time serta menghadirkan infrastruktur streaming yang kuat, dapat ditingkatkan, dan siap digunakan secara intensif di cloud pilihan Anda.

“Memiliki penawaran Apache Flink yang siap digunakan secara intensif merupakan sebuah pencapaian yang signifikan untuk keperluan pemrosesan data real-time yang meningkatkan insight bisnis. Dengan Aiven for Apache Flink para pengembang memiliki teknologi-teknologi open source terbaik untuk menjadi produktif dan membuat hidup mereka jadi lebih mudah," kata Jonah Kowall, Vice President of Product Management di Aiven.

Menurutnya, Aiven for Apache Flink adalah perekat dan kecerdasan yang mengikat kemampuan platform miliinya di antara Apache Kafka® dengan database-database populer seperti PostgreSQL, OpenSearch, dan lebih banyak lagi yang telah terintegrasi.

"Pengalaman kami telah menghadirkan infrastruktur data streaming cloud yang tangguh, dapat ditingkatkan, serta mudah dimigrasikan dan dikelola di seluruh vendor cloud melalui konsol Aiven. Saya sangat senang dengan apa yang bisa diberikan oleh layanan ini kepada pelanggan kami dan pasar pemrosesan streaming secara umum di masa depan, ketika semakin banyak perusahaan memanfaatkan kekuatan pemrosesan data real time," lanjutnya.

Aiven for Apache Flink memberikan nilai kepada pelanggan dengan fokus pada penyediaan:

Layanan Apache Flink yang dijalankan di cloud pilihan

Layanan Aiven yang terkelola sepenuhnya untuk Apache Flink memungkinkan distribusi yang mudah untuk klaster Flink di beberapa vendor cloud, yang mencakup ketiga hyper scaler utama, AWS, Google Cloud, dan Microsoft Azure.

Pengalaman pengembang untuk Apache Flink yang bersifat mandiri bagi pengguna SQL

Aiven for Apache Flink meningkatkan Flink SQL dengan memperkenalkan interface yang didesain ulang agar para pengembang bisa membangun aplikasi berbasis peristiwa dan streaming analitik yang terpadu, kuat, dan dapat ditingkatkan dengan data real-time perusahaan Anda.

Memperbesar atau memperkecil klaster Anda, atau mematikan pekerjaan Flink Anda secara perlahan, kini bisa dilakukan dengan sangat otomatis melalui konsol Aiven. Aiven for Apache Flink juga mendukung pembuatan versi otomatis dan melakukan preview output pipeline yang dihasilkan untuk aplikasi Flink Anda, sehingga kualitasnya bisa dicek dan siklus hidup aplikasi bisa diterapkan dengan lebih mudah.

Diketahui, Apache Flink adalah teknologi pemrosesan stream dasar untuk platform Aiven, dikelola dan dikendalikan oleh konsol Aiven, API, dan CLI untuk mendorong pemrosesan stream terprogram dalam skala besar.

Apache Flink tidak hanya melengakapi ekosistem streaming open source Aiven untuk Apache Kafka tetapi juga membuat Aiven selangkah lebih dekat ke arah penyediaan platform data cloud yang dapat memudahkan integrasi dan pemrosesan data real-time bagi para pengembang dan data engineer.

Dengan ekosistem streaming open source Aiven, database terkelola, dan teknologi observabilitas, Aiven kini menawarkan platform data cloud yang siap untuk memanfaatkan kebutuhan organisasi-organisasi teknologi modern.

sumber : https://teknologi.bisnis.com/read/20230214/84/1627856/aiven-luncurkan-layanan-yang-bisa-digunakan-langsung-pada-aws-google-cloud-dan-dan-microsoft-azure

Posting Komentar

0 Komentar