IBM Buka Akademi untuk Hybrid Cloud dan AI di Batam, Ini Informasinya


 IBM Academy untuk Hybrid Cloud and AI dibuka di Nongsa Digital Park, Batam. Akademi menawarkan kursus di bidang AI, Hybrid Cloud, dan keamanan siber dari program IBM SkillsBuild dan Red Hat selama lima bulan.

Tidak seperti kursus e-learning asinkron yang menarget siswa secara massal, IBM Academy menjanjikan kesempatan unik bagi siswa untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan melalui kelas yang dipimpin oleh 100 persen instruktur dan lokakarya langsung. Ditambah lagi dengan pelatihan di tempat selama 6 minggu dengan wawasan dan pengalaman langsung dari para pakar industri dan teknologi regional.

"Peningkatan keterampilan yang siap pakai diharapkan dapat mendorong transformasi digital di Indonesia," kata Paul Burton, General Manager IBM Asia Pasifik, saat peluncuran akademi itu, Rabu 22 Februari 2023, dikutip dari keterangan tertulis

Survei McKinsey memperkirakan akan terbuka 4 hingga 23 juta pekerjaan baru di Indonesia pada 2030 nanti dari transisi ke teknologi digital seperti otomatisasi. Karenanya, Paul menekankan, pemerintah, industri dan akademisi perlu berkolaborasi untuk membantu meningkatkan ketersediaan keterampilan teknologi utama dan merealisasikan nilai dari ekonomi digital yang ditopang oleh Hybrid Cloud dan AI. 

"Indonesia memiliki salah satu demografi penduduk termuda di ASEAN," katanya sambil menambahkan, "Dengan memberikan keterampilan yang siap pakai bagi tenaga kerja masa depan akan meningkatkan strategi negara mempercepat keunggulan kompetitif di dunia yang semakin digital."

Penerimaan Mahasiswa dan Kurikulum

Dioperasikan Infinite Learning, sebuah divisi PT Kinema Systrans Multimedia, IBM Academy akan menerima mahasiswa angkatan pertama mulai 6 Maret nanti. Kurikulum yang ditawarkan akan menjadi bagian dari program Kampus Merdeka yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia.

Para siswa di angkatan pertama--percontohan--ini akan mendapatkan akses gratis ke kursus Red Hat Certified System Administration, kursus AI dan Cybersecurity berstandar industri IBM SkillsBuild, praktikum, studi kasus, dan kredensial digital. Lalu akan ada proyek dan ujian akhir mahasiswa sebagai kunci untuk memastikan bahwa mahasiswa memiliki keterampilan teknis dan profesional yang siap kerja sesuai kebutuhan pasar. 

"Mahasiswa yang berhasil akan menerima sertifikasi yang diakui oleh industri setelah lulus," bunyi keterangan IBM.

Setelah fase percontohan, akademi akan berkolaborasi, dimulai dengan tujuh universitas terkemuka untuk memperluas kurikulum keterampilan yang dibutuhkan. Kurikulum mulai dari pembelajaran mesin, AI dasar, arsitektur cloud, teknik cybersecurity, keamanan jaringan, arsitektur zero trust, hingga administrasi sistem Red Hat. 

Tahap berikutnya, IBM juga berencana untuk berkolaborasi dengan lebih banyak universitas dan memperluas cakupan ke ribuan pelajar dalam tiga tahun ke depan.

Apa Kata Indonesia?

Dalam pernyataannya, Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Nadiem Makarim menyatakan bahwa kolaborasi bersama pelopor industri seperti IBM akan membantu
pengembangan talenta digital di Tanah Air. "Mempersiapkan para pelajar dengan lebih baik untuk pekerjaan di masa depan,” kata dia. 

Adapun Muhammad Rudi, Kepala BP Batam dan Walikota Batam, mengklaim Nongsa Digital Park dilengkapi infrastruktur teknologi dan menjadi pusat ekosistem ekonomi digital di Indonesia dan sekitarnya. Selain itu, lokasi Akademi dipandang strategis karena dekat Singapura, "yang merupakan kantor pusat bagi banyak perusahaan teknologi raksasa termasuk IBM Asia Pasifik."

sumber : https://tekno.tempo.co/read/1695784/ibm-buka-akademi-untuk-hybrid-cloud-dan-ai-di-batam-ini-informasinya

Posting Komentar

0 Komentar