Ini Alasan Perusahaan di Tanah Air Butuh Cloud dan Edge Computing

 


Jakarta: Era digitalisasi dan connected-everywhere membawa konsekuensi perubahan pada banyak perusahaan di Indonesia dalam operasional bisnisnya.

Berbagai inovasi teknologi yang berkembang mendorong perusahaan menerapkan dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis mereka. Terlebih di tengah ituasi ekonomi global saat ini. Salah satu teknologi yang dianggap penting adalah teknologi cloud dan edge computing.
 
Cloud computing menjamin perusahaan dapat mengakses data dan informasi dengan mudah dan cepat, terlepas dimana berada. Harapannya, operasional bisnis perusahaan bisa berjalan efisien dan efektif dengan memanfaatkan kapasitas infrastruktur cloud saat dibutuhkan, termasuk menghemat biaya/belanja TI mereka.
 
Teknologi yang dianggap sebagai ‘komplemen’ cloud memastikan agar perusahaan dapat melakukan analisis dan proses data dengan cepat, latensi rendah, dan responsif di berbagai perangkat terdekat, seperti IoT (Internet of Things) atau endpoint lainnya dan bukan di cloud atau data center.
 
Ini memastikan perusahaan dapat memanfaatkan data dan informasi untuk membuat keputusan bisnisnya lebih cepat dan tepat guna. Tidak kalah pentingnya, edge computing juga dapat mengatasi masalah keamanan data dan informasi dengan lebih baik di tengah maraknya aksi kejahatan siber beberapa tahun ini.
 
Dengan mengekstrak keunggulan teknologi cloud dan edge computing, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis mereka. Dengan keduanya, perusahaan dapat memanfaatkan data dan informasi mereka untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik sehingga proses bisnis berjalan dengan efisien dan efektif.
 
Adopsi teknologi cloud dan edge computing juga memungkinkan bisnis mereka dapat berkembang dan beradaptasi dengan cepat dan responsif terhadap dinamika industri. Dengan demikian, perusahaan dapat memenuhi ekspektasi pelanggannya dan mempertahankan kinerja bisnis mereka dalam jangka panjang.
 
Solusi cloud dan edge dari Akamai dapat diandalkan membantu perusahaan di era digital dan serba terkoneksi dalam mengelola dan mempercepat akses ke layanan, aplikasi dan konten digital mereka.
 
Ini dilakukan dengan mengkombinasikan keandalan infrastruktur cloud yang sudah dibangun Akamai sejak hadir tahun ’90-an dan inovasi baru mereka terkait edge computing.
 
“Di awal dekade Akamai berdiri, layanan Akamai dibangun di atas highly distributed intelligent platform, mengatasi berbagai tantangan pengiriman konten dan performa web Internet yang berkembang pesat," ujar Matthew Lynn, Director, Cloud Compute, APJ, Akamai Technologies.
 
“Pada tahun 2010, Akamai memasangkan platform cerdas tersebut dengan sejumlah besar data pada aktivitas online berbahaya, untuk membangun aplikasi web terdepan di industri dan platform proteksi DDoS yang melindungi banyak organisasi terbesar di dunia, dan pelanggan mereka, dari banyak ancaman keamanan yang pernah hadir secara online,” tambahnya.
 
Dengan mengakuisisi Linode tahun lalu sebagai platform cloud computing yang mapan, Akamai ingin menghadirkan kemampuannya secara masif di pasar public cloud computing.
 
Solusi cloud dan edge dari Akamai memungkinkan perusahaan mengoptimalkan kinerja aplikasi dan konten mereka dengan menempatkan data dan aplikasi yang sering digunakan pada perangkat edge.

Posting Komentar

0 Komentar