Ini Langkah Ketapang Menuju Smart City

 


Kabupaten Ketapang menjadi 1 dari 47 kabupaten/ kota di Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Gerakan 100 Smart City yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Kepala Dinas Kominfo Ketapang Nugroho Widyo Sistanto menjelaskan, langkah awal untuk menjadikan Ketapang menjadi Smart City adalah Smart Branding yaitu pencitraan daerah yang cerdas dengan tujuan untuk mendukung terbentuknya Smart City.

“Smart Branding ini bertujuan untuk membangun daya saing usaha, kepastian berusaha, ekosistem pariwisata dan penataan wajah daerah,” terangnya, Rabu (15/2).

Ia sebutkan langkah yang harus ditempuh untuk menjadikan Ketapang Smart City antara lain pembangunan infrastruktur seperti perangkat keras dan perangkat lunak, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

Disamping itu literasi digital, layanan publik dan pemerintahan secara online, infrastruktur IT pemerintah dan kerjasama dengan perguruan tinggi, perangkat daerah, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan organisasi kemasyarakatan.

“Pembangunan dan pelatihan ini merupakan tahap awal Ketapang menuju Smart City yang nantinya jika semua infrastruktur dan SDM terpenuhi, maka Ketapang akan menerapkan 6 pilar Smart City yaitu Smart Governance, Smart Infrastructure, Smart Economy, Smart Living, Smart People dan Smart Environment,” pungkasnya.(naf)

sumber : https://berkatnewstv.com/2023/02/15/ini-langkah-ketapang-menuju-smart-city/

Posting Komentar

0 Komentar