ITU Siap Dukung Smart City Pariaman

 


Wali Kota Pariaman Genius Umar berkesempatan berdialog langsung dengan Direktur Standarisasi Telekomunikasi International Telecommunication Union (ITU) Seizo Onoe tentang pengembangan smart city di Kota Pariaman.

ITU yang merupakan lembaga PBB yang berkedudukan di Jenewa Swiss berjanji melakukan pembinaan telekomunikasi dan smart city untuk Kota Pariaman.

“Alhamdulillah saya berkesempatan menyampaikan beberapa perencanaan dan grand desain smart city Kota Pariaman kepada Direktur standarisasi telekomunikasi International Telecommunication Union (ITU) Seizo Onoe dan pejabat teknis ITU Christina,” ujar Genius, kemarin.

Genius Umar beserta sejumlah walikota di Indonesia yang tergabung dalam APEKSI melakukan kunjungan ke Genewa Swiss untuk studi tiru tentang pengembangan smart city di internasional.

Kepada Seizo Unoe, Genius menyampaikan beberapa perencaanaan dan grand desain smart city di Kota Pariaman yang berdampak terhadap peningakatan pelayanan pubilk terhadap masyarakat.

Targetnya masyarakat mendapatkan pelayanan perkotaan yang baik terbaik. Telekomunikasi dan smart city merupakan pelayanan yang harus dilakukan setiap pemerintah kota.

Dalam kesempatan tersebut sebut Genius, Direktur ITU Seizo Unoe mengapresiasi pemaparan Genius yang merupakan satu-satunya walikota dalam rombongan APEKSI yang menyampaikan langsung grand desain pembangunan smart city Kota Pariaman.

Seizoe menyampaikan bahwa standarisasi smart city di berbagai kota di dunia perlu dilakukan. Untuk mengukur sejauh mana kualitas pelayanan publik terhadap telekomunikasi dan smart city bisa dinikmati masyarakat.

Dalam smart city sebut Seizoe berbagai kota di dunia termasuk kota-kota bertetangga harus mulai melakukan sharing terhadap data yang ada. Dengan sharing data, pengambilan keputusan bisa lebih komprehensif dan data -data yang ada juga bisa saling menberi manfaat dalam pengambilan keputusan ditiap kota.

“Poin pentingnya bagaiamana data-data yang ada untuk mendukung pelayanan terhadap masyarakat tersebut bisa terkoneksi antar sektor dan antar daerah. Sehingga pelayanan smart city ini bisa merata dan memberi manfaat bagi kota-kota yang bertetangga atau berdekatan,” ujarnya.

Genius menyebut diakhir diskusi ITU berjanji akan memberikan pembinaan untuk pengembangan smart city di Kota Pariaman. Tahap awal dilakukan secara zoom meeting dan tentunya diawali dengan maping data oleh Pemko Pariaman.

Nah, karna ITU ini lembaga di bawah PBB tentunya tidak bisa langsung ke daerah untuk itu Genius akan langsung mengurus rekomendasi kepada Pemerintah Pusat dan Kementrian Kominfo agar Pemko Pariaman bisa mendapatkan pembinaan langsung smart city dari ITU. (nia)

sumber : https://padek.jawapos.com/sumbar/pariaman/27/02/2023/itu-siap-dukung-smart-city-pariaman/

Posting Komentar

0 Komentar