Mantapkan Pemahaman Siswa Tentang 'IoT', SMK TKJ Nurul Iman Ellak Daya KKI ke DIY

 


Puluhan siswa Kelas X SMKS Nurul Iman kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), yang beralamat di Jl. KH. Abd. Samad, Sumber Senongan, Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan Kunjungan Kerja Industri (KKI) di Proactive Robotics, Jalan Wonosari KM 7 No. A5, Mantup, Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sabtu, (25/2/2023) siang.

KKI yang dilaksanakan di kota yang mendapat julukan "Kota Pelajar" tersebut, menjadi agenda tahunan yang dilakukan SMKS Nurul Iman, Ellak Daya. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Sekolah SMKS Nurul Iman, Busiri, yang sekaligus menjadi salah satu guru pendamping siswa peserta KKI saat mengutarakan tujuan pelaksanaan kegiatan itu kepada Owner Proactive Robotics, Muhammad Chusnu.

"Kami berharap agar anak didik kami dapat mengetahui kegiatan atau gambaran instansi di sini, karena bagaimanapun perkembangan teknologi ke depan akan semakin dibutuhkan oleh manusia, sedikit banyak kaitannya dengan jurusan TKJ akan mempunyai peranan penting," kata Kepsek Busiri.

Dalam kunjungan industri, selain mendapatkan materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara siswa dan guru kepada Owner Proactive Robotics, siswa juga diajak mengoperasikan beberapa robot yang sudah diciptakan pihak instansi. Hal itu membuat antusias siswa semakin semangat, senang, penuh gelak tawa, dan aula semakin meriah dengan tepukan tangan.

Adapun salah satu robot yang berhasil mereka operasikan yakni robot yang dapat mendeteksi adanya debu-debu di karpet (sebagai vacum cleaner) dan menyalakan atau mematikan lampu tanpa sakelar, tetapi dengan sistem yang diaktifkan melalui smartphone dan perintah melalui suara (voice).

Sementara itu, Muhammad Chusnu, disela-sela menyampaikan materi kepada siswa dan guru pendamping mengatakan, bahwa perangkat "Internet of Things" (IoT) memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan perangkat IoT yang sudah kita aktifkan melalui sensor kontrol itu, bisa bekerja dalam beberapa bidang sekaligus. Pertama bidang keamanan, kedua bidang properti, dan yang ketiga bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan," ucap Owner Proactive Robotics.

Ungkapan senang turut dikatakan salah satu peserta KKI yang beruntung mendapatkan kesempatan mencoba pengoperasian robot di Proactive Robotics, Ach. Roil Rizki.

"Senang sekali, jadi teringat ketika kecil dulu pernah main mobil-mobilan pakai remot. Tapi sekarang bakal ngerasa lebih keren lagi kalau membuatnya langsung. Nanti kita praktekkan langsung di sekolah," Katanya.

sumber : http://www.memoonline.co.id/read/13580/20230226/094543/mantapkan-pemahaman-siswa-tentang-iot-smk-tkj-nurul-iman-ellak-daya-kki-ke-diy/

Posting Komentar

0 Komentar