Menperin Agus 'Godok' Status National Lighthouse Industry 4.0 untuk Toyota


Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa Toyota menjadi satu-satunya merek di industri otomotif yang tidak pernah kehilangan ide untuk berinovasi baik dari produk dan teknologi.

"Saya apresiasi kepada Toyota karena menjadi merek otomotif yang tidak pernah kehilangan ide untuk inovasi produk dan teknologi," kata Menperin Agus saat melepas ekspor perdana Toyota Kijang Innova Zenix Hybird di Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2).

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah akan membantu untuk menumbuhkan daya beli masyarakat. 

"Kita lihat hari ini salah satu inovasi Toyota ekspor perdana sebuah produk elektrifikasi Kijang Innnova Zenix Hybird yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 70%. Ini merupakan suatu produk yang kemarin saya dampingi Presiden Joko Widodo beliau berpesan agar sampai kapanpun nama Kijang harus tetap ada, apapun itu inovasi produk mobil nama Kijang harus tetap ada," paparnya.

Dirinya juga mengapresiasi pembinaan yang dilakukan Toyota terhadap industri kecil dan menengah (IKM). 

"Rupanya tidak mudah untuk membina IKM, membutuhkan waktu rata-rata 4-5 tahun sampai IKM benar-benar siap. Bagi pabrik otomotif yang harus dijaga adalah tingkat keselamatan dari penumpang, siapapun yang jadi supply chain harus tetap dijaga kualitasnya. Ini salah satu komitmen yang pemerintah apresiasi," terang Agus.

Selanjutnya, Menperin Agus juga mengapresiasi komitmen PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang telah menerapkan teknologi industri 4.0 dalam proses produksinya.

"Mereka (Toyota) sudah merasakan bahwa dengan teknologi Industri 4.0 proses produksi semakin efisien dan tentunya juga akan meningkatkan daya saing," tuturnya.

Menperin Agus mengaku sudah berbicara dengan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Trasportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier untuk mempelajari pemberian status National Lighthouse Industry 4.0 untuk TMMIN.

"Saya sudah minta Pak Dirjen untuk coba dipelajari apakah kita berikan status National Lighthouse Industry 4.0 untuk Toyota," ucapnya.

Disisi lain, Menperin Agus Gumiwang mendukung penuh komitmen TMMIN untuk mewujudkan fasilitas green facility dengan menyerap sumber energi baru terbarukan (EBT).

"Tadi saya sudah dijelaskan ada roadmap Toyota menjadi fasilitas green facility dengan menyerap sumber EBT dan nanti akan membeli sumber energi listrik dari PLN yang berbasis renewable energy," tutup Menperin Agus.

sumber : https://www.industry.co.id/read/118914/menperin-agus-godok-status-national-lighthouse-industry-40-untuk-toyota

Posting Komentar

0 Komentar