Meratus Line Gandeng Google Cloud, Bikin Aplikasi Super Maritim dan Logistik Pertama di Indonesia


Meratus, operator maritim dan logistik terdepan di Indonesia, mengumumkan kolaborasi strategis dengan Google Cloud dan PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) untuk mengakselerasi inovasi digital dan memperkuat posisinya sebagai perusahaan yang berfokus pada kepuasan pelanggan.


Dalam kerja sama jangka panjang ini, Meratus mengadopsi pendekatan open data cloud dari Google Cloud dan menyematkan kecerdasan buatan (AI) serta memanfaatkan keahlian teknis Metrodata untuk mengembangkan aplikasi super maritim dan logistik pertama di Indonesia


Sebagai salah satu negara pelayaran yang aktif, Indonesia memiliki posisi geografis yang strategis di sepanjang dua jalur pelayaran penting yaitu Selat Malaka dan Selat Sunda.


Posisi ini menegaskan potensi Indonesia untuk meningkatkan kegiatan ekspor dan impor serta menjadi bagian penting dalam perdagangan internasional.


Tidak hanya potensi internasional, pelayaran domestik juga memiliki peranan penting memfasilitasi pemerataan barang dan komoditas ke lebih dari 17.000 pulau di nusantara.


Memahami hal tersebut, Meratus terus secara aktif melakukan inovasi-inovasi demi tercapainya konektivitas ke seluruh pelosok negeri serta menghubungkan Indonesia dengan negara-negara mitra dagang.


 CEO Meratus, Farid Belbouab mengungkapkan, “Kami menyadari peran penting industri kami dalam mendukung inisiatif pemerintah 'Making Indonesia 4.0' dan ‘Proud of Indonesia-made Products Movement', untuk mendorong pembangunan ekonomi dan mengangkat mata pencaharian lokal."


Pilihan kami atas Google Cloud sebagai penyedia cloud utama, lanjut Farid Belbouab, menegaskan komitmen kami untuk mewujudkan masa depan maritim dan logistik yang terintegrasi.


"Kami tidak akan mengabaikan aspek apa pun dari pelayaran ini. Pendekatan open data cloud dapat memberdayakan staf kami untuk mengembangkan aplikasi super dengan kecepatan dan ketangkasan yang lebih tinggi," ujarnya.


Saat kami memperluas layanan distribusi logistik kami di seluruh nusantara dan sekitarnya, imbuh Farid Belbouab, kami akan terus bekerja sama dengan Google Cloud dan Metrodata untuk mengoptimalkan proses bisnis kami dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan.


Saat ini, Meratus bersama dengan Google Cloud dan Metrodata berhasil mewujudkan berbagai fitur layanan yang manfaatnya telah dirasakan oleh para pelanggan.


Inovasi fitur baru serta antarmuka yang sederhana, namun informatif akan terus dikembangkan hingga tercipta sebuah aplikasi super yang dapat mengintegrasikan layanan logistik dan maritim.


Aplikasi super ini diharapkan mampu mempermudah pelanggan dalam melakukan kegiatan pengiriman barang dagang, serta memberikan dampak positif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia


Megawaty Khie, Country Director, Indonesia dan Malaysia, Google Cloud, mengucapkan, “Bersama dengan mitra kami Metrodata, kami berharap untuk memperkuat kolaborasi kami dengan Meratus. Dengan memanfaatkan kemampuan teknologi baru, aplikasi super ini diharapakan mampu mendukung Indonesia untuk menjadi pusat logistik dan maritim dunia.”


Dengan memanfaatkan infrastruktur database modern serta teknologi AI dari Google Cloud, Meratus mampu meningkatkan produktifitas dan efektivitas operasional untuk memberikan solusi layanan yang cepat dan tepat kepada para pelanggan.


Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk, Susanto Djaja mengatakan, “Sebagai penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, kami bangga dapat mendukung perjalanan digitalisasi Meratus dan upayanya untuk membangun aplikasi super maritim dan logistik pertama di Indonesia. Dengan menerapkan teknologi mutakhir Google Cloud dalam skala besar, Meratus siap membawa customer-centricity ke level berikutnya.” (*)


sumber : https://surabaya.tribunnews.com/2023/02/20/meratus-line-gandeng-google-cloud-bikin-aplikasi-super-maritim-dan-logistik-pertama-di-indonesia

Posting Komentar

0 Komentar