MNC University Gelar Webinar Cybersecurity untuk Pelajar dan Mahasiswa agar Siap Jadi Tenaga Ahli


 MNC University baru saja mengadakan seminar bertajuk Cybersecurity 101: Introduction and Career Opportunities in Digital Era pada Selasa, 31 Januari 2023. Webinar dengan tema besar tentang cybersecurity ini memiliki tujuan mengedukasi dan memperkenalkan dunia keamanan siber atau cybersecurity kepada kalangan pelajar dan mahasiswa.

Di Indonesia sendiri keamanan siber masih kurang diperhatikan dan sangat jarang orang-orang yang ahli dalam bidang ini. “MNC Group mengambil peran untuk melahirkan ahli IT di bidang cybersecurity melalui pendidikan tinggi. MNC University yang merupakan bagian dari MNC Group memiliki profil lulusan ahli cybersecurity pada program studi ilmu komputer yang dipersiapkan untuk mampu menjawab tantangan keamanan siber di era digital,” ujar Wakil Rektor III MNC University, Lathiyfah Shanti, saat membuka webinar.

Dr. Ir. R. Rizal Isnanto S.T., M.M., M.T., IPU, ASEAN Eng menyampaikan materi yang berkutat di seputar urgensi cybersecurity serta prospek kerja untuk lulusan teknologi informasi di bidang cybersecurity. Rizal menyatakan mayoritas perusahaan-perusahaan di dunia ini masih kekurangan orang yang ahli di bidang masalah cybersecurity, bahkan angkanya mencapai 82% perusahaan di dunia.

Seiring kemajuan teknologi, para peretas mulai melakukan cara-cara penyerangan yang lebih canggih menargetkan sistem, individu, perusahaan besar, hingga bisnis skala kecil. “Jenis-jenis ancaman keamanan siber dan serangannya di antaranya adalah ransomware, serangan botnet, serangan rekayasa sosial (social engineering), pembajakan cryptocurrency, dan pengelabuan (phishing)," ungkap Rizal.

Prospek kerja di bidang cybersecurity masih sangat terbuka lebar untuk para peminat, “Ada banyak peluang kerja di bidang cybersecurity, mulai dari konsultan, engineer, spesialis, analis, hingga auditor. Masing-masing profesi dalam bidang cybersecurity memiliki tugas dan wewenangnya masing-masing, mulai dari mengembangkan sistem keamanan, menyediakan konsultasi untuk perusahaan yang membutuhkan keamanan, mengawasi kemungkinan serangan siber, memperbaiki sistem pengamanan yang tidak berjalan baik, hingga melakukan evaluasi terhadap kinerja sistem pengamanan yang dijalankan." ungkap Rizal

Rizal menambahkan bahwa, ada beberapa hardskill yang harus dikuasai oleh orang yang akan menjadi profesional di bidang cybersecurity yaitu, keamanan jaringan, forensik digital, troubleshooting, hingga kemampuan melakukan hacking secara etis. Tidak hanya hardskill, kemampuan softskill juga harus dimiliki para cybersecurity specialist seperti, kemampuan untuk bekerja sama di dalam tim, keingintahuan yang tinggi, komunikasi, serta kemampuan beradaptasi dengan cepat.

Dengan dilaksanakannya webinar ini diharapkan bisa meningkatkan minat dan memperkenalkan dunia cybersecurity kalangan pelajar dan mahasiswa. Perkembangan teknologi dan ekonomi yang sangat pesat, jika dibarengi dengan tingkat keamanan yang tinggi, hal ini akan membentuk iklim usaha yang sangat kondusif untuk perkembangan bisnis di Indonesia ke arah yang lebih baik.

sumber : https://techno.okezone.com/read/2023/02/01/54/2757060/mnc-university-gelar-webinar-cybersecurity-untuk-pelajar-dan-mahasiswa-agar-siap-jadi-tenaga-ahli

Posting Komentar

0 Komentar