Operasional Transportasi Bisa Efisien dengan Internet of Things


Adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat para pemilik bisnis kini bisa dengan mudah meningkatkan efisiensi operasional transportasi.


Seperti yang ditawarkan oleh PT Menn Teknologi Indonesia, perusahaan yang sejak 2014 bergerak dalam bidang Fleet Management Solutions. Mereka bertekad menghadirkan produk premium berbasis Internet of Things atau IoT, agar perusahan di bidang bisnis industri bisa memantau dan memonitor kendaraan saat operasional berjalan.

Dengan sistem pemantauan yang canggih dan mudah dioperasikan, maka diharapkan efisiensi operasional perusahaan tercapai serta pelaporan kepada manajemen menjadi lebih transparan.

Dikutip dari keterangan resmi MENN, Kamis 16 Februari 2023, ada enam keuntungan yang bisa didapatkan lewat teknologi IoT, yaitu:

1. Pekerjaan bisa diawasi secara real time, mampu mengantisipasi pembengkakan biaya serta kemudahan dalam proses penagihan.

2. Mampu memberikan data yang lengkap untuk meningkatkan efisiensi. Mendapatkan info penggunaa terbanyak, mengidentifikasi pelanggan yang memberikan keuntungan terbanyak, mengetahui segala penyebab pembengkakan biaya dan menginformasikan jika semua proses berjalan sesuai rencana.

3. Pemasangan dan konektivitas bisa diubah sesuai keinginan. Model konektivitas yang ditawarkan MENN juga lengkap serta proses aktivasi yang mudah.

4. Meningkatkan kualitas pelayanan, sistem deteksi otomatis, diagnosa data yang detail dan sistem pelaporan aktual terhadap berbagai kerusakan atau ancaman lainnya.

5. Membantu meningkatkan transparansi data serta diagnosa data yang detail dan terintegrasi.

6. Sistem keamanan pelaporan dan pengelolaan data yang akurat dan real time.

Selain Fleet Management, MENN juga memiliki solusi untuk mengelola fungsi logistik dan transportasi agar efektif dan efisien, yakni Transport Management. Mereka juga menghadirkan Warehouse Management, untuk membantu mengontrol inventaris barang, mengatur operasi gudang dan pusat distribusi, serta mengelola pemenuhan pesanan.

Salah satu contoh dari penerapan IoT pada bisnis yaitu mengirim bahan beku, di mana sistem akan mencari solusi agar barang bisa tiba di tempat tujuan dengan waktu cepat sehingga kualitasnya tetap terjaga.

sumber : https://www.viva.co.id/digital/startup/1575706-operasional-transportasi-bisa-efisien-dengan-internet-of-things?page=all

Posting Komentar

0 Komentar