Pemahaman dan Implemantasi Internet of Things Melalui Simulasi Lampu LED-E14


 Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini akan dilakukan dalam waktu 1 hari pada tanggal 04 Februari 2023 dengan Tema "Pemahaman dan Implementasi Teknologi Internet of Things (IoT) Melalui Simulasi Lampu LED-E14 Sebagai Persiapan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di MA Al-Khairiyah Pipitan-Serang" Tempat dan Alamat Kegiatan di Ma Al Khairiyah beralamat di Jl. Ciruas Walantaka Km.2 Kel. Pipitan Kec. Walantaka Kota Serang Banten. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi dan pendampingan. Adapun Pelaksanaan program kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan praktek terkait pemahaman dan perancangan Teknologi Digital Media Internet of Things (IoT).

Wakili Kepala Bidang Kesiswaan Ma Al Khairiyah Pipitan Kota serang sebagai perwakilan dari Kepsek mengapresiasi positif dedikasi civitas akademika Universitas Sutomo Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Sistem Komputer baik para dosesn yang hadir sebagai narasumber dan mahasiswa/i yang men-support, melalui kegiatan PKM ini beliau berharap, materi yang disampaikan bisa diimplementasikan oleh siswa-siswi Ma Al Khairiyah Pipitan Kota serang pada saat setelah lulus sekolah nanti. 

Selanjutnya Harapan dari Kepala Sekolah, Kepala Bidang Kesiswaan dan Para guru-guru lainya agar civitas akademika Universitas Sutomo Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Sistem Komputer secara terus-menerus melakukan PKM di sekolah Ma Al Khairiyah Pipitan Kota serang untuk memberikan tambahan pengalaman, praktek dan ilmu pengetahuan yang nyata kepada siswa-siswinya.

Kaprodi Sistem Komputer yaitu Asep Suryadi yang menyampaikan mengenai Sosialisasi Seputar Kampus Universitas Sutomo dan turut mendampingi pula tim PKM dari Bapak/Ibu dosen yaitu sebagai Narasumber: Eva Hendrawati menyampaikan materi Pengenalan Mikrokontroler dan alat-alat yang digunakan dalam perancangan IoT, Amin Widodo menyampaikan Materi Pengenalan cara pemograman dengan menggunkan Bahasa C++ yang dikoneksikan pada software mikrokontroler dan Ade Sumaedi Menyampaikan Materi Pengenalan perancangan kelistrikan dan simulasi sistem perancangan yang sudah dibuat, serta sedikit pandangan terkait pengunaan komputer dimasa mendatang mampu mendominasi pekerjaan manusia dan mengalahkan kemampuan komputasi manusia seperti mengontrol peralatan elektronik dari jarak jauh menggunakan media internet, IoT (Internet of Things) memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengoptimalkan elektronik dan peralatan listrik yang menggunakan internet, setelahpemaparan materi berjalan selanjutnya penyampaian dari mahasiswa aktif Program Studi Sistem Komputer Universitas Sutomo memberikan Fitrianingsih Fiqri yang menjelaskan atau sharing pengalaman selama menjadi mahasiswa di Universitas Sutomo tanya jawab dan pemberian hadiah bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan oleh narasumber dan di akhir acara ditutup dengan do'a bersama.

Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyakat ini dapat disampaikan bahwa mendapatkan Respon positif dari peserta seminar yaitu siswa/siswi Ma Al Khairiyah Pipitan Kota serang dari seminar atau workshop yang diadakan panitia menunjukan siswa/siswi mendapat pengetahuan baru yang sebelumya mereka belum dapatkan dari bangku sekolah, mereka juga mendapatkan wawasan mengenai cara melamar kerja yang baik dan benar serta bangga mendapatkan sertifikat karna telah mengikuti seminar/workshop yang sudah diadakan panitia.

sumber : https://www.kompasiana.com/amin02954/63e130024addee79ab4576e2/pemahaman-implemantasi-internet-of-things-melalui-simulasi-lampu-led-e14

Posting Komentar

0 Komentar