Sekda Bandar Lampung Harapkan Diskominfo Lebih Optimal Bangun Smart City


Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyerahkkan penuh perawatan dan pengelolaan website organisasi perangkat daerah (OPD) ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah mengatakan pihaknya telah menugaskan Diskominfo untuk merawat dan mengupdate kembali website Kota Bandar Lampung. Sehingga integrasi teknologi menuju smart city dapat tercapai.

“Mudah-mudah Plt Kadis Kominfo yang baru bisa lebih optimal lagi dalam pembangunan smart city Kota Bandar Lampung,” kata Khaidarmansyah, Selasa (14/2).

Menurutnya, tahun ini pihaknya akan melaksanakan pengembangan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Bandar Lampung dan melakukan pelayanan publik berbasis elektonik dan IT.

“Setiap OPD nantinya punya unggulannya masing-masing dalam pelayanan publik berbasis elektronik. Misalnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memiliki aplikasi Permen Manis,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandar Lampung menganggarkan dana sekitar Rp25 juta untuk mengelola website. Dana tersebut disebut dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandar Lampung, M Nur Ramdhan mengatakan website pemerintah dikelola oleh Diskominfo. Tercatat ada sekitar Rp25 juta yang dianggarkan.

"Kalau website OPD itu tidak ada anggarannya karena dikelola oleh Kominfo. Kita anggarkan ada sekitar Rp25 juta," kata M Nur Ramdhan, Jumat (10/2).

Namun berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOLLampung, website Pemerintah Kota Bandar Lampung kurang aktif. Terakhir data yang diupload yakni Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana Mendapatkan Penghargaan Dalam Kategori Peduli UMKM pada 16 Januari lalu.

Tak hanya itu, website OPD lainnya seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Tenaga Kerja, serta Inspektorat mengalami error dan dalam perbaikan.

Sementara itu, website Dinas Perhubungan, dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB terpantau mengunggah informasi pada 2020 lalu.

sumber : https://www.rmollampung.id/sekda-bandar-lampung-harapkan-diskominfo-lebih-optimal-bangun-smart-city

Posting Komentar

0 Komentar