Apa Itu Revolusi Industri? Inilah Penjelasannya

  

Revolusi Industri merupakan masa transisi sosial yang terjadi pada pertengahan abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-19 yang dimulai di Inggris. Berawal dari situ, perubahan tersebut kemudian menyebar ke seluruh dunia dan mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari kehidupan ekonomi, sosial, hingga politik.

Revolusi Industri membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia ketika tenaga manusia mulai tergantikan oleh tenaga mesin dan memunculkan sistem ekonomi kapitalis modern. Ingin tahu lebih banyak tentang apa itu revolusi industri? Yuk, simak ulasan berikut ini. Walaupun konsep industri semakin sering terdengar, namun tidak semua orang memahami Apa Itu Revolusi Industri.

Konsep industri pertama kali diperkenalkan pada pameran industri Hannover Messe di Hannover, Jerman pada tahun 2011. Dalam revolusi industri, di masa mendatang, tugas-tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia akan digantikan oleh mesin yang mampu bekerja lebih cepat. Untuk mengimplementasikan industri tersebut, diperlukan beberapa teknologi, seperti internet of things (IoT), big data, cloud computing, dan machine learning. Pernah dengar 4 teknologi ini?

Faktor Pendukung Revolusi Industri

Internet Of Thing (IoT)

Di era sekarang ini, internet seakan menjadi makanan sehari-hari bagi manusia. Di sisi lain, internet dapat menghubungkan perangkat satu dengan lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Demikianlah apa yang dimaksud dengan internet of things. Contoh penerapan internet of things adalah misalnya Anda sedang dalam perjalanan ke rapat.

Dengan menggunakan IoT, mobil dapat mengakses rute terbaik melalui peta digital. Jika terjadi kemacetan selama perjalanan, melalui teknologi IoT mobil bahkan dapat mengirimkan pesan secara otomatis kepada partner meeting bahwa Anda akan datang terlambat. Sangat menarik dan mengesankan ya!

Big Data

Teknologi kedua yang mendukung aplikasi industri adalah data besar. Dalam menjalankan perusahaan, hampir setiap hari Anda akan menerima data baru yang berasal dari berbagai sumber antara lain transaksi bisnis, informasi dari sensor atau mesin, dan informasi dari media sosial. Untuk mengelola informasi dalam jumlah besar, pengusaha dapat memanfaatkan teknologi big data untuk menganalisis informasi tersebut menjadi data baru yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Cloud Computing

Layanan cloud computing memungkinkan pengusaha untuk menyimpan file perusahaan di server yang kemudian dapat diakses melalui internet ini biasa disebut hosting. Artinya, kini karyawan tidak perlu berkumpul di satu tempat untuk mendapatkan file yang diinginkan karena bisa diakses menggunakan internet. Keunggulan lain dari teknologi cloud computing adalah memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bekerja dari jarak jauh sehingga tidak mengurangi produktivitas.

Machine Learning

Teknologi terakhir yang dibutuhkan dalam industri adalah machine learning. Pernah dengar robot yang dapat berbicara serta melayani para pengunjung restoran di negara Jepang? Itulah bentuk penerapan teknologi machine learning. Jadi, secara sederhana machine learning mampu membuat mesin bekerja dan berpikir seperti manusia.

Tantangan Menghadapi Revolusi Industri

Setelah mengetahui apa itu revolusi industri, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana Indonesia menghadapi tantangan tersebut? Pasalnya, untuk mengimplementasikan industri, pemerintah harus siap membangun infrastruktur, kebijakan, dan keamanan yang tepat agar negara bisa mendapatkan keuntungan dari revolusi ini. Masalahnya, Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas.

Untuk mengimplementasikan industri secara merata, tentunya membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang maksimal. Bahkan, hingga saat ini beberapa daerah di Indonesia masih mengalami ketimpangan pembangunan infrastruktur. Di sisi lain, keberadaan industri yang serba canggih membuka peluang bagi pelaku kejahatan siber untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Menurut laporan Kaspersky ICS CERT, Indonesia menjadi negara keenam di Asia Tenggara yang mengalami serangan infeksi terbanyak. Berkaca dari data tersebut, ke depan Indonesia perlu bekerja keras untuk menciptakan sumber daya manusia yang terampil di bidang keamanan siber untuk mencegah kerugian akibat kejahatan dunia maya.

Strategi Yang Bisa Dilakukan Pengusaha Menghadapi Revolusi Industri

Mulai sekarang, Anda dapat mendorong karyawan untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan teknologi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Terapkan teknologi digital seperti big data, cybersecurity, dan cloud hosting di setiap lini. Jika Anda ingin mengetahui apa itu cloud hosting, bisa cek di DomaiNesia

Perusahaan yang memasuki industri juga membutuhkan investor untuk mengembangkan bisnisnya serta transfer teknologi. Oleh karena itu, Anda bisa mencari investor asing yang kemungkinan besar sudah mengalami revolusi ini terlebih dahulu.

Demikian ulasan tentang Apa Itu Revolusi Industri? inilah penjelasannya semoga bermanfaat.

sumber: https://www.kabarrakyat.id/technologi/028121361/apa-itu-revolusi-industri-inilah-penjelasannya

Posting Komentar

0 Komentar