Diskominfo Harap Cloud PDN di Kukar Segera Aktif

Dinas Komunikasi Dan informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Diskominfo Kukar) melakukan koordinasi dan konsultasi ke Kementerian Kominfo Republik Indonesia di Jakarta tentang cloud pelayanan pusat data nasional (PDN) dan implementasi sistem penghubung layanan pemerintah (SPLP), Senin (20/3/2023).

Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi Diskominfo Kukar Ery Hariyono didampingi Prakom Ahli Muda Rudi Irwansyah, Analis Infrastuktur Adi Listiono, dan Tenaga Ahli Jaringan Reo Ramalika Ramadhan diterima langsung oleh Tim Teknis Pusat Data Nasional Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI Ari Setiawan dan Tim Teknis SPLP Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Ichwanul Muslimin.

Ery Hariyono menyampaikan Pemkab Kukar telah berinvestasi Infrastruktur Existing Data Center dan masih membutuhkan pemanfaatan fasilitas Cloud Pemerintah/ VPS (Virtual Private Server) melalui layanan PDN yang dikelola oleh Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Kemkominfo RI.

"Keamanan server Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar sudah ditarik penempatannya ke data center," katanya.

Ery menambahkan bahwa Tim BPKP perwakilan Provinsi Kalimantan Timur telah melaksanakan review atas penyediaan infrastruktur PDN pada di Kukar. Selain itu disampaikan bahwa Diskominfo Kukar telah mendampingi Tim Kemenko Polhukam RI terkait perencanaan pembangunan Pusat Data Nasional di wilayah Kukar.

"Kami sudah memiliki akun dan mendapatkan bimbingan teknis. Kami berharap SPLP menjadi jembatan data dan sudah masuk di aplikasi-aplikasi pusat seperti data kependudukan dan data kepegawaian,” ujarnya.

Ia berharap akun cloud PDN Kukar dapat segera aktif. (Ian)

sumber: https://kaltimkita.com/detailpost/diskominfo-harap-cloud-pdn-di-kukar-egera-aktif

Posting Komentar

0 Komentar