Leak Intel Xeon Bocor, Gunakan 500W TDP!

 

Leak Intel Xeon sudah beredar, Intel baru saja merilis beberapa roadmap processor mereka untuk kelas server mereka, penasaran? Pada pembahasan kali ini kami akan rangkum untuk kalian sekuat apa dan seperti apa nantinya processor ini berkerja.

Intel Avenue City akan menjadi platform baru untuk granite rapids dan sierra forest pada data center. Processor ini akan digunakan pada data-center atau server bukan untuk laptop atau PC konvensional. Processor akan memiliki TDP hingga 500W.

Processor Server ini menggunakan teknologi P-cores. Sedikit informasi E-cores adalah efficient core, Secara performance e-core tidak memiliki power yang kuat ketimbang P-Core karena tugas e-core berfungsi untuk memaksimalkan efisiensi CPU yang diukur dalam satuan WATTS .  

Platform terbaru ini nantinya menggunakan socket LGA-7529. YuuKi-AnS baru saja merilis leak tentang Granite Rapids dan Sapphire Forest series.

Platform ini akan diluncurkan pada tahun depan. Di tahun depan diperkirakan CPU memiliki performa yang lebih powerfull dan lebih cepat dari DDR5 memory.

Spesifikasi Intel Xeon
Untuk Granite Rapid menggunakan Fabrikasi node menggunakan intel 3, memory support 12x DDR5-6400 dan PCIe 5.0. Sierra Forest menggunakan fabrikasi yang sama di intel 3, memory support 12x DDR5-6400 dan PCIe 5.0. 

Sebenarnya masih ada beberapa processor lagi namun kita tidak memiliki informasi lebih lanjut seperti Diamond Rapids dan Clearwater Forest hanya ada informasi PCI 6.0. Kedua itu akan dirilis pada 2024. 

Ukuran processor ini tergolong kecil pada 105 x 70.5mm tapi sayangnya ukuran pada next gen akan sedikit lebih nantinya, seperti gambar yang bisa kalian lihat di sini pertambahan ukuran yang dimiliki cukup significant walau begitu tentu akan di dukung dengan performa yang lebih mumpuni nantinya. 

Menurut kami, ini merupakan terobosan yang menarik. Processor kelas server seperti ini akan berjalan pada P-core yang dapat menguntungkan pihak pemilik server karena efisiensi daya yang dimiliki. Apakah ini dapat bersaing dengan AMD nantinya? Karena AMD juga sudah merencanakan pelisisan processor yang sejenis (AMD Bergamo, Siena dan lainnya).

sumber: https://pemmzchannel.com/2023/03/29/leak-intel-xeon-bocor-gunakan-500w-tdp/

Posting Komentar

0 Komentar