Mudahnya Membangun Aplikasi Dengan IoT

 

Berbagai aktivitas manusia saat ini semakin dimudahkan dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang dapat diakses dengan cepat menggunakan smartphone. Dalam pembuatan dan penggunaannya, aplikasi tersebut memerlukan Internet of Things yang merupakan kumpulan jaringan perangkat yang terhubung. 

Secara sederhana IoT merupakan teknologi yang dapat memfasilitasi komunikasi antara perangkat dan cloud, serta antar perangkat itu sendiri. Beberapa fitur yang diperlukan oleh programmer ketika akan membuat aplikasi dengan menggunakan Internet of Things di antaranya:

1. Platform Virtual
Tempat virtual ini oleh programmer digunakan untuk mengatur, membuat aplikasi serta dapat berinteraksi melalui berbagai macam konektivitas.

2. Application & Service Layer Management
Dalam pembuatan aplikasi, layer bertugas untuk menjelaskan setiap konten yang disebarkan melalui jaringan, kemudian menampilkannya ke dalam aplikasi sehingga dapat dilihat oleh user. Application layer dalam pembuatan aplikasi digunakan sebagai tempat ketika pengembang mengatur bagaimana aplikasi mengakses jaringan serta membuat pesan-pesan kesalahan.

3. Data Management and Repository
Data management berfungsi untuk menyimpan serta menggunakan seluruh data ketika membuat dan menjalankan aplikasi.

4. Security
Keamanan dalam pengembangan aplikasi sangat penting untuk mencegah potensi adanya kerugian material, mengurangi risiko penyalahgunaan data serta memperkecil peluang tindakan kriminal.

Selain fiturnya yang mempermudah pembuatan dan pengembangan aplikasi, IoT juga memiliki layer-layer yang dapat memiliki fungsi yang sama, yaitu :

1. Level fisik diantaranya adalah sensor/actuators, processor, device operating system dan perangkat.
2. Level komunikasi, yaitu berhubungan dengan jaringan internet.
3. Level sistem di antaranya adalah backend, IoT platform (middleware, database, processing/analytics, network/device management) serta komponen presentasi atau visualisasi. Kebutuhan pengembang aplikasi mengenai software dapat dipenuhi oleh level sistem.
4. Level pengguna, yaitu meliputi konsumen dan bisnis.

Setelah mengetahui mengenai layer serta fitur dalam IoT untuk pengembangan aplikasi, maka dapat dilihat bahwa IoT memiliki keutamaan dalam pengambangan aplikasi. Di Indonesia penyedia layanan IoT yang memiliki banyak keunggulan adalah Telkom. Telkom memiliki IoT Platform yang dapat menjawab kebutuhan para programmer dalam mengembangkan aplikasi karena memiliki kemampuan application and service layer management, communication management / delivery handling, data management and repository, device management, discovery, group management, location, network service exposure, registration, security, service charging and accounting serta subscription and notification.

Selain itu, IoT Platform dari Telkom juga memiliki platform virtual yang bersifat platform-agnostic sehingga mendukung semua konektivitas yang umum digunakan untuk solusi IoT. Perangkat bahasa pemrograman yang didukung oleh IoT Platform Telkom pun lengkap meliputi Arduino, ESP, Android, Raspberry Pi, Orange Pi, Node Red dan lain sebagainya. Melihat keunggulan yang ditawarkan oleh IoT Platform Telkom maka dapat dikatakan ini merupakan IoT Platform yang sesuai dengan kebutuhan para programmer.

sumber: https://jurnalpost.com/mudahnya-membangun-aplikasi-dengan-iot/47134/

Posting Komentar

0 Komentar