Otorita IKN dan UNDP Kerja Sama Pembangunan Kota Berkelanjutan

 

Otorita Ibu Kota Nusantara melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) organisasi pembangunan dunia atau United Nations Development Programme (UNDP). Kerja sama tersebut berkaitan dengan kerja sama membangun kota berkelanjutan di IKN. 

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengtakan MoU tersebut menjadi landasan untuk inisiatif bersama dalam berbagai upaya untuk mewujudkan delapan prinsip utama pembangunan IKN seperti membangun sesuai dengan alam; mencerminkan persatuan dalam keberagaman; terhubung, aktif, dan dapat diakses; memungkinkan rendah emisi karbon; menjadi sirkular dan tangguh; mempromosikan keselamatan dan aksesibilitas; memastikan keamanan dan efisiensi melalui teknologi; dan meningkatkan peluang ekonomi untuk semua.

"Kami sangat senang bisa berkolaborasi karena kerja sama ini akan mempercepat tujuan kami untuk mewujudkan IKN sebagai kota untuk semua,” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/3/2023).

Berdasarkan MoU yang telah ditandatangani oleh Kepala OIKN Bambang Susantono dan Direktur UNDP untuk Asia-Pasifik Kanni Wignaraja, kedepannya OIKN dan UNDP akan mendorong praktik pembangunan inklusif, adil, produktif, dan berkelanjutan. 

Kerjasama ini akan diwujudkan antara lain melalui kontribusi wawasan yang berkaitan dengan pembangunan inklusif terkait rencana, program, publikasi, pelatihan bersama, konferensi dan berbagai upaya lainnya untuk pembangunan kota berkelanjutan di Nusantara. Di samping itu, kerja sama ini akan membantu Pemerintah Indonesia dalam menetapkan Nusantara sebagai simbol identitas nasional menuju Visi Indonesia 2045.

Selain itu dalam rangka mewujudkan kota cerdas, pembangunan IKN juga telah menjalin kerjasama dengan Korea Selatan. Negeri Gingseng itu siap membantu dari sisi penerapan teknologi smart city. Bahkan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-ryong juga telah membawa calon investor melihat langsung progres pembangunannya. 

Adapun delegasi investor Korea antara lain Chi Hyung Keun (Executive Vice President, Samsung C&T), Do Ikhan (Senior Vice President Hyundai Elavator), Insang Yoo (Executive Vice President, LG CNS), Lee Jong won (CEO Hwasung Industrial dan Park), Cheol Heung (Executive Vice President, LH).

sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/1053863/34/otorita-ikn-dan-undp-kerja-sama-pembangunan-kota-berkelanjutan-1679529812

Posting Komentar

0 Komentar