Tak Buang ke Laut, Ajak Masyarakat Kelola Sampah dengan Cerdas

 

Bekerjasama dengan PKK Kabupaten Gresik serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Bank Sampah Gemes Sekardadu terus menggalakkan pengelolaan sampah di seluruh Kabupaten Gresik. Tak terkecuali, di kawasan Pulau Bawean. Bagi Bank Sampah yang seringkali menjuarai nasional tersebut Gresik benar-benar harus bebas sampah dengan pengelolaan yang cerdas.

Selama tiga hari di Pulau Bawean, Bank Sampah Gemes Sekardadu melakuan berbagai kegiatan. Mulai dengan workshop pengelolaan sampah, sosialisasi hidup bersih dan sehat, edukasi dan praktik pengelolaan sampah mulai dari bank sampah, eco enzyme hingga composting. Warga Bawean juga diajari membudidaya tanaman holtikultura. Pengelolaan biokonfersi maggot  untuk pemanfaatan lahan dan budidaya tanaman.

Pembina Bank Sampah Gemes Sekardadu Siti Fitiah mengatakan, selama tiga hari pihaknya bersama Pokja 3 PKK Kabupaten Gresik dan Mahasiswa Agroteknologi UMG memberikan pengetahuan upaya pengelolaan sampah yang cerdas.

“Tujuannya supaya warga Bawean ini bisa mengelola sampah dengan cerdas, melakuan budidaya tanaman yang sesuai sehingga mereka tidak lagi membuang sampah di lautan,” kata  Perempuan yang juga Ketua Pokja 3 PKK tersebut.

Dibantu Kades Gelam Kecamatan Tambak untuk kordinasi kegiatan di Bawean, pihaknya berhasil  melakukan sosialisasi dan pendampingan 13 desa baik di Kecamatan Sangkapura maupun tambak Tambak.  “Selain sosialisasi dan wokshop kami juga membersihkan Pulau Ceena yang berada di Desa Teluk Jati,” kata Fitriah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini mengatakan, melalui Pokja 3, PKK punya tanggung jawab untuk mengajak masyarakat maupun kadernya menjaga lingkungan sekitar. “Di Bawean, Pokja 3 PKK melakukan penanaman di lahan desa untuk pembibitan dan budi daya sayuran. Warga juga berkomitmen untuk tidak buang sampah di laut,” jelasnya. (rir/han)

sumber: https://radargresik.jawapos.com/lifestyle/25/03/2023/tak-buang-ke-laut-ajak-masyarakat-kelola-sampah-dengan-cerdas/

Posting Komentar

0 Komentar