4 Teknologi Gaming Canggih Terkini 2023

 Hampir semua kalangan pada saat ini sudah tahu dan menggemari game. Ada banyak manfaat bermain game, salah satunya adalah dapat meningkatkan kemampuan persepsi dan kognitif anak. Dua kemampuan ini bisa membantu gamers dalam melakukan problem-solving dengan baik.

Kemudian pada suatu penelitian adanya suatu bukti positif game yang dapat mendukung para pengembang game agar semakin canggih. Dulu, bermain game dapat diakses dengan perangkat console NES seperti game dan watch-nya Nintendo, tetapi saat ini kamu sudah bisa mengakses dan bermain game yang banyak hanya menggunakan gawai saja. 

Selain game yang kian berkembang, teknologi perangkat pendukung game yang lebih canggih juga semakin berkembang. Ada Virtual reality sampai voice-controlled game play adalah contoh nyata bahwa teknologi gaming memberikan pengalaman bermain game yang intens, nyata, dan membuat kamu seperti masuk kedalam dunia virtual game.

Ini dia berita terbaru tentang teknologi game canggih yang mesti gamers ketahui. 

1. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality atau disingkat VR memiliki arti realitas maya. Teknologi perangkat pendukung game ini adalah contoh penggunaan teknologi komputer gaming canggih virtual dalam membuat dunia simulasi yang terasa nyata. Jika kamu pernah mendengar HTC Vive, Oculus Rift dan Playstation VR, itu adalah beberapa produk VR yang cukup terkenal. https://parepos.fajar.co.id/2023/04/4-teknologi-gaming-canggih-terkini-2023/

Saat kamu menggunakan VR ketika bermain game, kamu akan merasa masuk kedalam dunia game 3D. Seiring berjalannta waktu, inovasi teknologi VR ini semakin canggih. Menurut salah satu pengembang VR yaitu Sam Trudgian ia mengatakan bahwa saat ini  VR terus mengalami inovasi. Misalnya headset VR yang semakin kecil dan wireless. 

2. Cloud for Gaming

Cloud gaming adalah metode bermain game berbasis awan yang dimainkan secara remote. Dengan adanya teknologi ini, kamu tidak perlu lagi mendwonload dan menginstal setiap game ke PC atau console. Kamu hanya perlu berlangganan dan memiliki koneksi internet yang stabil dan bagus.

Teknologi cloud tidak hanya digunakan untuk game saja, untuk industri film dan series juga digunakan oleh Netflix. Jadi kamu tidak perlu susah lagi untuk mendowload film. Yang diperlukan adalah berlangganan tiap bulan. Konsep ini juga terjadi pada cloud for gaming. Kamu hanya perlu berlangganan akses pada penyedia cloud gaming. 

3. Augmented Reality (AR)

Teknologi ini merupakan gabungan realita dengan objek maya tersebut adalah Augmented Reality. Teknologi yang menjadi pendukung AR yaitu simultaneous Localization dan Mapping (SLAM), kamera, dan sensor sementara, selain gawai kamu juga bisa menggunakan AR glasses dan virtual retinal displays (VRD). Hingga saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi AR. 

4. Mixed Reality (MR)

Sesuai dengan namanya, Mixed Reality atau MR adalah perpaduan antara virtual reality (VR), augmemted reality (AR) dan internet of Things (IoT). 

Tujuannya adalah untuk membuat dunia objek fisik yang nyata dapat berinteraksi juga dengan objek maya ataupun sebaliknya, dan ini terjadi secara nyata atau real time. Sangat asik ketika bermain game ini, karena kamu akan merasa sangat nyata saat bermain game.

Apakah kamu pernah menonton film science fiction? Seperti iron man atau Star Trek, ketika orang sedang meeting lalu muncul hologramnya saja. Itu adalah salah satu contoh penerapan MR. Selain untuk game, MR juga berguna di bidang teknik untuk simulasi produksi hingga simulasi materi di bidang pendidikan. Jadi banyak kegunaannya di berbagai bidang. 

sumber: https://parepos.fajar.co.id/2023/04/4-teknologi-gaming-canggih-terkini-2023/

Posting Komentar

0 Komentar