Alibaba Cloud Rilis Kecerdasan Buatan, Saingan ChatGPT untuk Bisnis

 

Alibaba Cloud meluncurkan kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) untuk industri bisnis , yakni Tongyi Qianwen. Model baru AI ini akan diintegrasikan ke semua aplikasi bisnis di seluruh ekosistem Alibaba, serta ditawarkan kepada para pelanggan dan pengembang perusahaan. Model baru AI ini dirilis saat Microsoft gencar membangun ChatGPT, chatbot AI berupa model bahasa generatif yang menggunakan teknologi transformer untuk memprediksi probabilitas kalimat berikutnya dalam percakapan atau perintah teks Daniel Zhang, Chairman and CEO of Alibaba Group and CEO of Alibaba Cloud Intelligence.

 menjelaskan, Tongyi Qianwen akan diintegrasikan ke dalam semua aplikasi bisnis di seluruh ekosistem Alibaba, mulai dari komunikasi perusahaan, asisten suara yang cerdas, e-commerce, sistem pencarian, hingga navigasi, dan hiburan.

Berbekal kemampuan bahasa mandarin dan Inggris, model ini awalnya akan digunakan di DingTalk, kolaborasi digital untuk tempat kerja dan platform pengembangan aplikasi Alibaba. Selain itu, AI ini akan digunakan oleh Tmall Genie, penyedia peralatan rumah pintar yang didukung Internet of Things (IoT). Berikut rincian penggunaannya:
 
• DingTalk yang didukung oleh Tongyi Qianwen dirancang untuk membuat komunikasi di tempat kerja menjadi lebih efisien. Misalnya, dapat meringkas catatan rapat, mengubah percakapan rapat menjadi teks, menulis email, dan menyusun proposal bisnis atau rencana kampanye promosi melalui petunjuk sederhana. Pengguna dapat langsung membuat aplikasi mini di DingTalk dengan cara memotret draf ide yang ditulis di kertas. 

• Tmall Genie yang didukung Tongyi Qianwen mampu terlibat dalam percakapan yang lebih dinamis dan jelas dengan pengguna di Tiongkok. Misalnya, dapat mengembangkan dan bercerita kepada anak-anak, memberikan resep diet sehat, menawarkan tips perjalanan, dan merekomendasikan musik latar untuk berolahraga.

10 IPO Perusahaan dengan Nilai Terbesar Sepanjang Masa

Penggunaan Tongyi Qianwen oleh Pelanggan Alibaba   

Alibaba Cloud akan menawarkan akses ke Tongyi Qianwen di cloud kepada para pelanggan, dan membantu mereka membangun model AI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing. Penggunaan AI ini diharapkan dapat memicu pertumbuhan bagi pelanggan, menghilangkan proses pra-pelatihan sumber daya, dan menciptakan efisiensi untuk membangun model dasar.

"Tongyi Qianwen sekarang tersedia untuk pelanggan perusahaan umum di Tiongkok untuk pengujian beta," kata Daniel. Ke depan, pengembang akan dapat mengakses Tongyi Qianwen dari Alibaba Cloud untuk membuat aplikasi AI mereka dalam skala besar. Ini akan semakin mendukung ekosistem perangkat lunak AI di berbagai sektor, mulai dari logistik hingga media, keuangan, manufaktur, energi, ritel, dan lainnya. “Kami berharap dapat memfasilitasi bisnis di lintas industri dengan transformasi inteligensi mereka, yang pada akhirnya membantu meningkatkan produktivitas bisnis mereka, memperluas keahlian dan kemampuan mereka sambil membuka peluang yang lebih menarik melalui inovasi.”  

Posting Komentar

0 Komentar