Bupati Maluku Tenggara Jamin Akurasi Data Pendukung Smart City

 

Bupati Maluku Tenggara, M.Thaher Hanubun mengatakan Pemkab Maluku Tenggara mendukung semua program terkait pengembangan pelayanan berbasis elektronik termasuk Smart City.

Pernyataan ini disampaikan bupati saat pelaksanaan Asesmen Daring bersama Tim Assesment Kementerian Kominfo Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di ruang rapat bupati, Senin (3/4/2023).

Bupati menjelaskan, dalam rangka menuju Maluku Tenggara Smart City (Kota Cerdas) 2024, maka berbagai proses telah dilakukan di Maluku Tenggara antara lain,  Pengisian Data/kuisioner Smart City yang melibatkan Perangkat Daerah terkait serta Stakeholder, Pembuktian Data Dukung sampai pada tahapan Penilaian (Assesment).

“Maluku Tenggara harus masuk 50 Kabupaten/Kota Smart City Indonesia, kami  mendukung percepatan Infrastruktur Telekomunikasi serta Sistem Pelayanan dan Pembangunan berbasis Teknologi” ungkap Bupati Thaher.

Bupati Thaher Hanubun menjamin bahwa data yang disampaikan akurat dan benar. “Jika masih meragukan data yang kami sampaikan maka saya mengundang Tim penguji datang ke Maluku Tenggara untuk melihat secara langsung," ajaknya.

Ia juga menyampaikan potensi unggulan daerah sektor Pariwisata dan Perikanan serta capaian pembangunan dan langkah strategis ke depan untuk mewujudkan Maluku Tenggara yang lebih baik dan sejahtera termasuk pengembangan teknologi.

Program Smart City ini merupakan kerja sama Tim Assesment Kementerian Kominfo Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara

Tim  Assesor yang dipimpin Teddy Sukardi  menyampaikan terima kasih kepada Bupati Malra dan jajaran yang sangat peduli dengan Smart City.

“Terima kasih dan dukungan serta implementasi yang telah dilakukan  Pemerintah Daerah  sangat luar biasa layanan (Website dan Aplikasi) dan infrastruktur Telekomuniasi serta Regulasi," ungkapnya.

Kegiatan Assesment ini diikuti  120 kabupaten/kota di Indonesia dan berlangsung pada 3-6 April 2023. Kabupaten Maluku Tenggara ditetapkan sebagai peserta pertama untuk seluruh Indonesia.

Hasil assessment ini akan dipakai sebagai rujukan untuk menetapkan 50 kabupaten/kota se-Indonesia dan selanjutnya mendapatkan pendampingan Master Plan Kota Cerdas. 

Pelaksanaan Asesmen Daring diikuti Bupati Maluku Tenggara didampingi Kepala Dinas Kominfo A. Walken Raharusun bersama Tim Data Smart City Dinas Kominfo, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah serta Kepala Bappelitbangda Maluku Tenggara yang diwakilkan Kepala Bidang Teknis Wiliam Lamapaha.

Sementara dari Tim Assesor Kementerian Kominfo berjumlah enam orang dalam rangka menguji data dan dokumen yang telah dikirim Pemda Maluku Tenggara. (MC.Maluku Tenggara/Seta/Adolof Labetubun.

Sumber : https://infopublik.id/kategori/nusantara/728759/bupati-maluku-tenggara-jamin-akurasi-data-pendukung-smart-city#

Posting Komentar

0 Komentar