Inovasi Teknologi IoT: Mendorong Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Kesehatan

 

Internet of Things (IoT) menjadi salah satu teknologi yang mengalami perkembangan pesat di Indonesia yang menciptakan kemudahan sehingga berdampak positif. Hal inilah yang membuat teknologi tersebut banyak diminati dan mulai diterapkan pada berbagai sektor kehidupan, termasuk bidang kesehatan.

Salah satu manfaat hadirnya teknologi IoT di bidang kesehatan yaitu mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Kesadaran ini terbangun atas dampak dari kemudahan akses masyarakat dalam melakukan monitoring kesehatan.

Seperti yang diungkapkan oleh Alwy Herfian Satriatama, Chief Executive Officer Widya Imersif, perusahaan teknologi berbasis IoT dari Yogyakarta yang berfokus pada solusi kesehatan.

Menurut Alwy, kemudahan yang dihadirkan oleh perangkat IoT di bidang kesehatan telah mengubah cara pandang masyarakat terhadap kesehatan. Kemudahan dalam melakukan monitoring kesehatan secara mandiri mampu mendorong kesadaran akan pentingnya kesehatan.

“Dampak IoT dibidang kesehatan ini sangat luar biasa, terutama bagi masyarakat. Sejak hadirnya perangkat yang memudahkan memantau kesehatan, masyarakat menjadi lebih terbangun kesadarannya, jadi lebih aware”, ucap Alwy.

Jam tangan pintar karya anak bangsa yang memanfaatkan teknologi IoT mampu memberikan informasikesehatan kepada penggunanya.
Jam tangan pintar karya anak bangsa yang memanfaatkan teknologi IoT mampu memberikan informasikesehatan kepada penggunanya.

Saat ini telah banyak perangkat kesehatan yang memanfaatkan teknologi IoT, salah satunya WISH Health Kiosk yang dikembangkan oleh Widya Imersif. Alat yang sering disebut Kios Sehat ini merupakan perangkat pengecekan kesehatan secara mandiri. 

Berbeda dengan alat pengecekan pada umumnya, sebagai inovasi IoT, Kios Sehat mampu mengintegrasikan enam jenis pengecekan kesehatan dalam satu perangkat sehingga keenam pengecekan tersebut dapat diakses sekaligus oleh masyarakat.

Alwy menjelaskan bahwa dengan berbasis IoT, perangkat yang dikembangkan oleh Widya Imersif tersebut juga mampu digunakan untuk melakukan enam jenis pemeriksaan, bahkan hasilnya dapat ditampilkan secara cepat.

Disamping itu, Kios Sehat juga dilengkapi dengan mobile apps agar masyarakat sebagai pengguna dapat dengan mudah mengakses hasil pemeriksaan dimana saja dan kapan saja

Semakin mudahnya akses ini diharapkan akan mampu mendorong masyarakat untuk proaktif dalam melakukan monitoring kesehatan. Disamping itu dengan mengetahui kondisi kesehatan secara lebih terperinci, masyarakat akan lebih memahami risiko penyakit yang mungkin dialami serta dapat menentukan upaya yang harus dilakukan untuk melakukan pencegahan atau pengobatan terhadap penyakit yang dialaminya.

Kemudahan akses pengecekan kesehatan ini juga menjadi solusi bagi masyarakat pecinta olahraga apalagi jika fasilitas kesehatan telah dilengkapi dengan alat pengecekan kesehatan seperti Kios Sehat.

Pasalnya pemeriksaan kesehatan menjadi bagian dari proses persiapan yang tidak boleh dilewatkan sebelum menjalankan aktivitas olahraga berat seperti lari maraton, bersepeda hingga gym. Pemeriksaan kesehatan ini sebagai antisipasi untuk menghindarkan dari cedera.

Selain Kios Sehat, Widya Imersif juga mengembangkan smartwatch berbasis IoT yang mampu mendeteksi kondisi kesehatan penggunanya. Jam tangan ini menjadi asisten kesehatan pribadi pengguna dengan memberikan informasi secara akurat kondisi kesehatan terkini.

Bahkan jam pintar yang bernama WISH Smartwatch ini juga dapat terintegrasi dengan kios sehat sehingga hasil pemeriksaan juga dapat dilihat melalui perangkat ini.

“Sebagai perusahaan yang berfokus pada inovasi dibidang kesehatan, Widya Imersif tidak hanya mengembangkan Kios Sehat saja, namun ada beberapa inovasi lain. Salah satunya WISH smartwatch yang dapat memberikan informasi kondisi kesehatan terkini”, tukas Alwy.

sumber: https://www.suara.com/tekno/2023/04/10/144500/inovasi-teknologi-iot-mendorong-kesadaran-masyarakat-akan-pentingnya-kesehatan

Posting Komentar

0 Komentar