Intel Rilis Jadwal Peluncuran Chip Baru, Fokus pada Efisiensi Energi dan Kecerdasan Buatan

  

Pembuat chip AS, Intel Corp  mengumumkan pada Rabu 29 Maret bahwa produk semikonduktor pertamanya untuk pelanggan pusat data yang difokuskan pada efisiensi energi, Sierra Forest, akan dikirimkan pada paruh pertama tahun depan, saat perusahaan itu menggarisbawahi jadwal rilis chip setelah penundaan sebelumnya.

"Beberapa tahun terakhir ini sangat menantang karena kami telah memperkenalkan banyak inovasi tetapi juga banyak kompleksitas dan tanggal rilis produk kami tertunda," kata Kepala Intel Data Center and AI Group, Sandra Rivera, kepada Reuters menjelang acara investor.

Intel masih mendominasi pasar chip pemrosesan PC dan server, dengan pangsa pasar lebih dari 70%, menurut perusahaan riset teknologi IDC. Namun, angka tersebut menurun dari lebih dari 90% pada tahun 2017.

Prosesor Xeon generasi keempat terkuat Intel untuk pusat data, Sapphire Rapids, menghadapi penundaan yang memberikan waktu kepada pesaingnya, Advanced Micro Devices Inc (AMD) untuk mengejar. Tetapi Rivera mengatakan "jadwal rilis kami sesuai dengan rencana" dan "memenuhi semua tonggak rekayasa kunci kami".

Dia menambahkan bahwa prosesor Xeon generasi kelima, Emerald Rapids, dijadwalkan akan dikirimkan pada akhir tahun ini dan generasi berikutnya, Granite Rapids, yang sedang diuji oleh pelanggan, akan dikirimkan tahun depan setelah rilis Sierra Forest.

Intel mengatakan chip hemat energi berikutnya, Clearwater Forest, akan hadir di pasaran pada tahun 2025.

Rivera mengatakan bahwa Intel juga sedang bekerja pada membangun Intel Developer Cloud dengan 256 chip Xeon dan 512 chip Gaudi untuk kecerdasan buatan (AI) yang akan tersedia bagi pengembang AI untuk melatih dan menjalankan model baru. Dia mengatakan startup AI Hugging Face dan Stable Diffusion sudah menggunakan chip Intel.

sumber: https://voi.id/teknologi/268018/intel-rilis-jadwal-peluncuran-chip-baru-fokus-pada-efisiensi-energi-dan-kecerdasan-buatan

Posting Komentar

0 Komentar