Kominfo x DQLab : Belajar Python untuk Data Profesional di Era Digital

 

Memasuki era digital, bahasa pemrograman coding menjadi skill yang tak kalah penting karena di masa depan. Hal ini juga didukung secara real case industry, dimana sudah banyak perusahaan sudah mulai mengaplikasikan Big Data dan membutuhkan praktisi data profesional yang bisa menggunakan bahasa pemrograman coding untuk membantu menganalisis kumpulan data.

Sehingga untuk membantu generasi mudah semakin melek data dan meningkatkan profesi praktisi data profesional, DQLab sebagai platform edukasi online bersama Kominfo memberikan pengalaman belajar pemrograman yang dikemas dalam acara Data Engineer : Python for Data Professional.

Pada program ini bertujuan untuk memperkenalkan dan belajar Python lebih lanjut bersama dengan praktisi data profesional yaitu Daniel Lumban Gaol selaku Data Engineer MNC Group sekaligus Mentor DQLab. Acara ini dilaksanakan secara daring Senin, 6 Maret 2023.

Python termasuk bahasa pemrograman yang paling fleksibel dan hampir rata-rata praktisi data profesional menggunakan bahasa pemrograman ini. Python bukanlah bahasa pemrograman baru. Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan di akhir tahun 1991 oleh Guido Van Rossum.

Python sering digunakan karena bahasanya sendiri mudah untuk dipelajari bagi pemula sekalipun dan memiliki libraries/modules yang sangat banyak dan didukung oleh komunitas yang sangat besar” Ujar Daniel.

Setelah memperkenalkan dan menjelaskan Python, Daniel juga menjelaskan lebih dalam kegunaan Variabel, mengenal Assign, menjelaskan Tipe Data dalam Python, Operator Matematika, Collections & Index pada Collection dalam Python yang dimana sangat penting sebelum melakukan sebuah programing.

Dalam acara webinar, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta seputar belajar python, profesi data dan peluang bekerja di industri sebagai praktisi data profesional sebelum melakukan sesi hands-on bersama Daniel.

Jika teman-teman ingin berkarir di bidang data/ Data Engineer perlu untuk menguasai bahasa pemrograman seperti Python atau SQL” Ujar Daniel menjawab salah satu pertanyaan peserta. 

Python mempunyai peran penting dalam bidang data, karena kegunaan Python sendiri membantu untuk memproses data, memvisualisasikan data, hingga membangun Machine Learning. Jika kamu ingin menjadi praktisi data yang handal, pastikan kamu menguasai Python dengan baik.

Memahami dasar-dasar Python sangatlah penting sebelum lanjut ke tingkat yang lebih advanced, pembelajaran yang terstruktur juga membantu pemula dalam belajar Python dari nol hingga menjadi praktisi data profesional di industri. DQLab menjadi platform kursus online dengan materi yang telah disusun oleh para mentor data profesional dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

Dengan belajar Python menggunakan metode HERO di DQLab, kamu akan mendapatkan kesempatan belajar menggunakan module sesuai real case industry dan langsung mempraktekannya. Yuk mulai bergabung belajar bersama DQLab atau kunjungi laman https://dqlab.id/ .

sumber: https://www.umn.ac.id/kominfo-x-dqlab-belajar-python-untuk-data-profesional-di-era-digital/

Posting Komentar

0 Komentar