Melihat Kecanggihan Teknologi Masjid Jami Al Barokah di Kemayoran

 

Berada di permukiman padat penduduk tidak menyurutkan semangat pengurus Masjid Jami Al Barokah di Jalan Kepu Dalam IV, RT 14/03, Kemayoran, Jakarta Pusat dalam menerapkan kecanggihan teknologi.

Semua menggunakan teknologi IoT dari perangkat google nest

Sejak 2022 lalu, masjid yang berdiri di atas lahan seluas 355 meter persegi ini telah memiliki perangkat kelistrikan berstandar teknologi atau Internet of Things (IoT).

Ketua Computers and Information Technology (IT) Masjid Jami Al Barokah, Muhammad Nur Iman mengatakan, ide menerapkan loT di masjid ini berawal dari keinginan pengurus mengefisiensi biaya listrik dan mempermudah pekerjaan marbut.

"Perangkat kelistrikan kami seperti AC, lampu LED, smart switch, kipas angin dan TV semua menggunakan teknologi IoT dari perangkat google nest. Perangkat ini dapat dioperasikan selama masih ada internet," katanya, Senin (10/4).

Tidak hanya berfokus pada perangkat keras, masjid yang dibangun sejak 1985 ini juga memanfaatkan aplikasi. Aplikasi tersebut dapat dilihat para jemaah secara langsung melalui dua televisi di dalam masjid.

Melalui aplikasi itu, pengumuman salat, hasil dari pengumpulan zakat, jumlah infaq, nama penceramah hingga waktu berbuka puasa dan imsak dapat dilihat para jemaah lewat televisi di masjid.

"Biasanya pengumuman tersebut ditulis di papan tulis secara manual. Kini kami sudah tidak menggunakan papan manual. Karena saat ini sudah ter-setting dalam bentuk digital yang dapat dilihat jemaah secara langsung," terang Nur.

Nur juga menyampaikan, di masjid ini, jemaah juga diberikan fasilitas internet gratis dengan jumlah bandwidth yang dibatasi. Ke depan, pengurus masjid juga berencana mengembangkan teknologi loT dalam kegiatan urban farming dengan sistem hidroponik.

"Masih ada lahan yang akan diwakafkan. Selain untuk memperluas masjid, lahan itu rencananya akan disisakan untuk urban farming berbasis IoT atau smart farming," ungkapnya.

Menurut Nur, saat ini pihaknya membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin membantu mewujudkan smart farming di masjid ini.

"Kami sudah ada dasar dan hanya tinggal pengembangannya. Hasil panen dari smart farming nanti dapat dijual untuk biaya operasional masjid," tandasnya.

sumber: https://m.beritajakarta.id/read/119916/melihat-kecanggihan-teknologi-masjid-jami-al-barokah-di-kemayoran

Posting Komentar

0 Komentar