Mudik Lebaran Bawa Mobil Pribadi? Wajib Cek 8 Komponen Ini!

 

Mudik Lebaran menggunakan jalur darat diprediksi bakal jadi pilihan banyak pemudik di tahun ini. Tentu saja, karena kemudahan akses tol yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya. Juga, karena meningkatnya penjualan mobil di awal 2023, yang otomatis akan banyak dipakai untuk mudik. 

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Mobil pribadi yang digunakan mudik ke kampung halaman wajib dpersiapkan semaksimal mungkin. Sehingga performanya terjaga sepanjang perjalanan. 

Untuk itu, sebelum mudik Lebaran , pastikan mobil harus diservis terlebih dulu mengingat kendaraan Anda akan menempuh jarak ribuan kilometer dan melalui situasi jalan yang tak menentu. Berikut adalah 8 komponen wajib di mobil yang harus diperiksa secara seksama sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran seperti dilansir Auto2000: 

1. Ban Mobil Komponen no 1 yang wajib dicek. Terutama, jika mobil Anda belum memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Ada beberapa hal yang harus dicek, tidak sekadar tekanannya saja. Tapi juga apakah ban dalam kondisi baik, seperti telapak yang belum aus, hingga dinding yang tidak sobek atau benjol.

 2. Oli Wajib cek kondisi oli, mulai oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan. Pastikan semua komponen dapat terlumasi dengan baik. Jika kondisinya sudah tidak layak, maka disarankan untuk segera diganti. 

3. Filter Saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC juga perlu diperiksa kondisinya. Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena fungsinya sebagai penyaring kotoran yang mengganggu. Apabila kotor, maka akan menghambat kinerja mesin. 

4. Shock Absorber Mengecek komponen peredam guncangan atau shock absorber juga diperlukan sebelum mudik lebaran. Komponen ini punya tugas penting dalam menjaga kenyamanan penumpang di dalam kabin.

 5. Rem Sistem pengereman sangat penting untuk diperiksa. Pastikan kinerjanya baik. Cek volume minyak rem, pastikan tak ada kebocoran pada selang rem, dan juga ketebalan kampas rem.

 6. Lampu-lampu Lampu-lampu mobil kerap diabaikan oleh pemilik kendaraan dan membiarkannya dalam kondisi mati, redup, atau kotor. Padahal, lampu jadi komponen penting bagi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Cek soket lampu dan segera ganti lampu yang bermasalah. Bawa serta lampu cadangan, terutama lampu utama dan lampu rem.

 7. Aki Aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga karena memiliki risiko korsleting jika tak dirawat dengan baik. Atau tentu sangat merepotkan jika mobil tidak bisa dinyalakan. Cek kinerja alternator untuk memastikan pasokan listrik ke aki terjaga dengan baik. Baca Juga Pilih Rental Mobil Alphard atau Pajero Sport buat Lebaran, Ini Harganya 

8. Cairan Seluruh cairan di mobil juga perlu diperiksa, seperti air radiator dan air washer. Pastikan air radiator pada tangki penampungan tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran pada salurannya. Air washer memiliki fungsi membersihkan kaca depan. Pastikan dalam ukuran cukup, sekaligus memastikan wiper dalam kondisilayakpakai.

sumber: https://otomotif.sindonews.com/read/1068635/120/mudik-lebaran-bawa-mobil-pribadi-wajib-cek-8-komponen-ini-1681085069


Posting Komentar

0 Komentar