Pengumpulan Satu Data Perangkat Daerah Segera Tuntas

Upaya mengintegrasikan seluruh data dari perangkat daerah (PD) ke Portal Satu Data Kota Malang sudah mencapai 85 persen. Artinya, kurang 15 persen data yang dikumpulkan akan rampung seluruhnya. Upaya pengumpulan satu data sejak tiga bulan terakhir setidaknya sudah membuahkan hasil.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto menjelaskan, adanya satu data ini untuk mewujudkan transparansi dan memudahkan warga Kota Malang untuk mengakses data.

”Satu Data ini mandat dari pusat terkait Satu Data Indonesia. maka kami menguatkan data sektoral yang melekat di perangkat daerah,” terang Wiwid, sapaan akrabnya.

Pejabat eselon II Pemkot Malang itu menambahkan Satu Data ini juga berguna untuk perencanaan pembangunan ke depan. Dia mencontohkan, terkait isu utama dari pemerintah seperti angka kemiskinan ekstrem. Meski sudah ada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), saat ini perlu validasi, apakah data masih seperti dulu atau sudah ada perubahan.

Maka validasi ini penting dan itu akan dimasukkan dalam portal satu data.

”Ketika pendataan kemiskinan dilakukan bersama, kita akan sekaligus tahu derajat kesehatan masyarakatnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, dikatakan dia, pengisian satu data tidak bisa langsung terisi secara 100 persen. Itu karena data bersifat dinamis dan sering kali terjadi pembaruan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman menyatakan kebutuhan data sangat penting.

”Kami di Komisi D mendorong agar eksekutif serius mengurangi kemiskinan di Kota Malang, mulai dari pendataan, pengambilan kebijakan sampai program kegiatan,” tandasnya. 

sumber: https://radarmalang.jawapos.com/malang-raya/kota-malang/31/03/2023/pengumpulan-satu-data-perangkat-daerah-segera-tuntas/

Posting Komentar

0 Komentar