Almer Abiyyu Ahmad, Pelajar MAN I Pasuruan Sabet Medali Emas di Ajang Robotika Dunia

 

Pelajar MAN I Pasuruan kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional.


Dia adalah Almer Abiyyu Ahmad, siswa kelas X2 yang baru saja meraih gold medal alias medali emas dalam ajang International Youth Robotic Competition  (Kompetisi Robotik Remaja Internasional) di Educity Sport Complex Johor Baru Malaysia, pada1-2 juni 2023 kemarin.

Saat ditemui di sekolahnya, Senin (05/06/2023) siang, Almer menceritakan seputar pengalamannya menjadi juara dalam event berlevel Asia Tenggara itu.

Robot yang dibuatnya mempunyai kinerja sebagai Enchanced Water Safety, yakni mendeteksi kondisi air dan sebagai early warning sistem untuk deteksi dini banjir.

Dalam perlombaan, Almer menggunakan reaksi kimia antara betadine sebagai simulasi penyebab keruhnya air, dan vitacimin sebagai ekstract penjernih air. Robot yang dibuatnya menggunakan sensor cahaya ketika air dalam kondisi keruh, maka sensor tersebut akan mengarah pada intruksi untuk menjernihkan air dengan menggunakan vitamin C tersebut.

"Ada robot yang mengaduk air yang keruh tersebut melalui sensor cahaya. Kita pakai reaksi kimia antara betadine dengan vitacimin dan hasilnya luar biasa," katanya.

Perihal deteksi banjir, Almer menegaskan bahwa robotnya juga punya sensor pada kedalaman air banjir. Apabila dalam suatu titik melebihi ambang batas, maka alarm yang ada di dalam robot tersebut secara otomatis akan berbunyi.

Atas prestasi tersebut, Kepala MAN I Pasuruan, Nasrudin sudah mengira bahwa Almer akan menang menjadi juara, meski saingan terberat ada di Peserta asal Singapura.

"Saingan terberat peserta Singapura. Tapi saya yakin Almer menang, dan ternyata betul," singkatnya.

Ya, Nasrudin ikut dalam kejuaraan tersebut sebagai pendamping Almer. Diakuinya, setelah menjuarai IRYC ini, Almer akan kembali mengikuti kejuaraan di level ASIA yang direncanakan digelar di Korea Selatan pada 3-5 agustus mendatang.

"Mohon doanya saja, karena memang harus cari sponsor juga untuk bisa berangkat ke sana. Mudah-mudahan ada jalan, sehingga mimpi kami untuk membawa nama harum madrasah dan Pasuruan dan Indonesia bisa kami wujudkan," ucapnya.

Perihal reward untuk Almer, MAN I Pasuruan sudah pasti telah menyiapkannya.

"Reward dari madrasah sudah disiapkan tersendiri untuk memotivasi almer agar terus meningkatkan prestasinya," pungkasnya. (emil)

Posting Komentar

0 Komentar