Baru Tahu, Tower BTS Ternyata Bukan Cuma Buat HP

 

Tower BTS ternyata bukan hanya untuk menghubungkan jaringan ke HP. Namun juga berfungsi bagi perangkat lain, seperti TV Digital.

Direktur Investasi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk Hendra Purnama menjelaskan konsolidasi di tengah industri telekomunikasi. Salah satunya dari penggunaan tower BTS sudah bisa dibagi fungsinya.

Misalnya untuk penggunaan TV digital, selain juga dapat sharing untuk sesama mobile operator lain.

"Contoh di industri tower. Jadi sekarang sudah beralih menjadi tower company. Dan sebagai tower company kita bisa share ke mobile oeprator yang lain. Bahkan bisa share ke tv digital, iot, dan lain-lain," kata Hendra dalam Telco Summit 2023 CNBC Indonesia, Selasa (6/6/2023),

Dia menyinggung soal sharing infrastruktur bisa jadi salah satu solusi untuk tantangan industri telekomunikasi. Menurutnya konsep berbagi itu bisa untuk menyelesaikan masalah biaya.

Berbagi infrastruktur ini bisa menguntungkan banyak pihak. Termasuk akan terasa hingga ke konsumen pengguna.

"Memang biaya timbul karena satu dan lain hal. Tapi untuk efisiensi industri itu nanti turunannya otomatis konsuemn juga diuntungkan infrastruktur bisa di-share," jelasnya.

Hendra menambahkan, "Jadi bukan dari tower. Tapi lainnya, fiber optic dan lain-lain. Apabila bisa dishare utilitasi akan bagus dan efisiensi meningkat. Dan itu bisa menjawab bbrp tantangan, terutama biaya-biaya yang tidak bisa dihindari".

sumber: 

Posting Komentar

0 Komentar