Canggih, Prodi Elektro Universitas Padjadjaran Kembangkan Teknologi Biomedis

 

Program Studi Elektro Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran mengembangkan teknologi biomedis berbasis robotika, AI, dan Internet of Things (IoT). Pengembangan ini dilakukan oleh Ketua Laboratorium Riset dan Tugas Akhir Robotics, AI, IoT, & Biomedical Engineering Prodi Teknik Elektro Universitas Padjadjaran, Dessy Novita. Dessy yang mengembangkan riset ini bersama beberapa mahasiswa peneliti robotika mengungkapkan alasannya. 

Dikutip dari laman resmi UNPAD, Dia mengungkapkan pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa waktu lalu telah membawa perspektif baru pada bidang robotika. Pada saat terjadinya wabah itu, banyak orang yang meninggal dunia. Baik itu para penderita maupun tenaga kesehatan. Kondisi tersebut mendorongnya mengembangkan teknologi biomedis berbasis robotika, AI dan Internet of Things. Dia bersama para mahasiswa peneliti robotika pun sejauh ini telah berhasil mengembangkan beberapa purwarupa robot.  Di antaranya ada robot biomedis yang digunakan untuk monitoring kondisi kesehatan tanpa ada sentuhan.

Kemudian juga robot tracking untuk lansia, dan robot manipulator. Selain itu, tim juga mengembangkan robot humanoid. “Mahasiswa punya animo besar untuk mengembangkan robot. Jadi jangan kuliah saja. Ini juga proses pembelajaran,” ucapnya. (*)

sumber: https://www.genpi.co/berita/221180/canggih-prodi-elektro-universitas-padjadjaran-kembangkan-teknologi-biomedis

Posting Komentar

0 Komentar