Finalis Telkomsel Nextdev myECO Hadirkan Solusi Hemat Listrik

 Program pengembangan startup digital dari Telkomsel, NextDev, telah memasuki tahun ke-8 yang bertujuan untuk memperkuat fundamental 12 startup terbaik. Pengembangan dilakukan melalui pendampingan oleh mentor, peningkatan kapabilitas, serta pemanfaatan teknologi digital.

Dukungan pemberdayaan kepada para startup tersebut diwujudkan Telkomsel dengan menyediakan modul webinar yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi startup founders.

Melalui program NextDev, Telkomsel mempersilahkan para startup founders untuk dapat memanfaatkan aset dan kapabilitas Telkomsel sebaik mungkin agar dapat membangun pondasi yang kuat untuk melangkah maju, terus berkembang dengan baik, dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Salah satu finalis startup yang sukses mengikuti NextDev tahun ke 8 sebagai wadah untuk akselerasi adalah myECO. Startup yang berbasis di Malang, Jawa Timur, ini bergerak di bidang solusi teknologi smart home penghematan listrik, dengan produk solusi alat penghemat listrik otomatis berbasis internet of thing (IoT).

Tujuan dari myECO yakni memantau dan mengontrol konsumsi listrik, memberikan riwayat serta peramalan biaya, analisis penghematan, sehingga bisa menghemat dan menurunkan tagihan listrik penggunanya.

Cara kerjanya, Aplikasi myECO bisa melakukan otomatisasi agar mati ketika tidak dibutuhkan sehingga terjadi penghematan dan penurunan tagihan listrik. Hal ini bisa dimanfaatkan ketika pengguna sedang berada jauh dari rumah atau lupa mematikan suatu perangkat listrik.

"Dengan Motto 'Save your OUTgo with myECO' myECO hadir berfokus pada penghematan listrik dengan mengurangi tagihan listrik customer dan tujuan akhir membentuk budaya hemat listrik," jelas myECO dikutip dari keterangan resmi.

Selain itu, lewat teknologi IoT yang ada di aplikasi myECO, pengguna juga bisa mengontrol perangkat listrik nyala dan mati berdasarkan hari dan jam lewat aplikasi. Tidak hanya itu, myECO juga memiliki fitur kontrol perangkat listrik rumah dengan pilihan mode manual, timer, jadwal dan otomatis dari mana saja.

Sebagai informasi, myECO menjadi salah satu finalis dari 12 startup terbaik yang terpilih dari tahap NextDev Talent Scouting 2022. Ke-12 startup ini terpilih dari 250 startup yang mengikuti seleksi tahun lalu. Dari 250 startup tersebut, tim mentor dan internal Telkomsel menyeleksi menjadi 40 startup hingga akhirnya 12 startup terbaik yang berhak mengikuti program inkubasi.

Di tahun ke-8 penyelenggaraannya, NextDev hadir dengan 4 trek utamanya, yakni Gaming, Health & Education, Tourism & Creative Economy, serta Green & Clean Tech yang akan memberikan para NextDevers pengalaman pitching terbaik sekaligus insight penting untuk pengembangan kompetensi dan bisnis peserta. Startup myECO sendiri masuk ke dalam trek Green & Clean Tech.

Nantinya, tahap akhir dari rangkaian program NextDev ini akan menjadi ruang bagi startup digital potensial terbaik untuk menunjukkan inovasinya, sekaligus membuka kesempatan bagi startup digital untuk dapat terhubung dengan pelaku ekosistem digital baik di tingkat nasional maupun internasional.

Para startup terbaik ini juga berpotensi mendapatkan pendanaan dari Telkomsel melalui Tinc sebagai wadah pengembangan (akselerator) startup, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), dan bergabung dengan ekosistem startup Indico Telkomsel.

sumber: https://www.cnbcindonesia.com/opini/20230605095837-14-442937/waspada-dampak-kebijakan-industri-amerika-serikat

Posting Komentar

0 Komentar