General Motors Patenkan Teknologi Robotic Charging Device

 

Kehadiran mobil listrik tidak hanya menonjolkan teknologi yang disematkan pada unitnya saja. Namun, General Motors (GM) baru-baru ini diinformasikan bahwa mereka akan menggunakan teknologi yang lebih modern dalam melakukan pengecasan mobil listrik.

Dilansir Motorauthority, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat ini kedapatan mematenkan teknologi Robotic Charging Device, di mana sejatinya paten tersebut telah mereka ajukan pada ke Departemen Merek Dagang dan Paten Amerika Serikat pada November 2021. 

Dari paten yang mereka daftarkan, terlihat bahwa pengisian baterai mobil listrik secara robotik ini akan dilakukan secara otomatis, di mana pengisi daya akan menghubungkan dirinya ke port yang ada di mobil dan kemudian apabila telah selesai, maka perangkat tersebut akan terlepas dengan sendirinya.

Adapun bagian penopang lainnya yang ada pada Robotic Charging Device ini antara lain pilar vertikal dengan lengan terpasang yang dapat memutar atau memanjang ke posisi port yang ada di mobil.

Dari laman tersebut juga diinformasikan bahwa kehadiran pengisi daya mobil listrik robotik tersebut diperlukan untuk kendaraan yang telah dibekali dengan fitur autonomous.

Dalam aplikasi yang didaftarkan juga membahas tentang penggunaan sensor kendaraan autonomous untuk dapat memudahkan posisi kabel pengisi daya.

Melalui kehadiran pengisi daya otomatis ini akan memberikan manfaat potensial lainnya, termasuk memberikan nilai kepraktisan bagi mereka yang memiliki mobilitas harian tinggi.

Setelah paten terkuak, pabrikan lain seperti Hyu dai juga baru-baru ini menunjukkan prototipe robot pengisian mobil listrik yang dipasang di pusat Research and Development utama di Korea Selatan.

sumber: https://www.liputan6.com/otomotif/read/5325134/general-motors-patenkan-teknologi-robotic-charging-device

Posting Komentar

0 Komentar