Jurus Rewash Ciptakan Pengusaha Baru di Bidang Laundry

 Berawal dari satu outlet di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, kini bisnis Rewash semakin berkembang hingga memiliki 40 outlet yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Malang, Surabaya, Jogjakarta, dan Bali. Startup laundry berbasis apps dan lnternet of Things (IoT) ini juga telah hadir di 10 pesantren di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kesuksesan Rewash tidak lepas dari peran sang CEO yakni Ridha Indradewa dan Rizal Indradewa sebagai COO. Keduanya menjadi sosok inti dan nakhoda di perusahaan. Ridha mengatakan, Rewash lahir dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan masalah umum pengusaha laundry, seperti urusan operasional dan manajemen laundry yang tidak terkontrol hingga banyaknya fraud di sistem keuangan.

Untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah tersebut, Rewash membuat sebuah sistem manajemen dan operasional laundry yang dilengkapi dengan teknologi IoT untuk memudahkan kontrol sebuah outlet laundry. Dengan teknologi ini, mesin laundry dapat menerima pembayaran secara elektronik dengan menggunakan QRIS maupun pembayaran digital lainnya. Mesin cuci tidak akan berfungsi jika belum menerima pembayaran dari pelanggan.

Pelanggan juga dapat melayani kebutuhannya sendiri (self service) karena Rewash dilengkapi dengan aplikasi customer automatic washing machine, sehingga mendukung pelayanan tanpa adanya staf atau pegawai. Selain itu, sistem pada mesin laundry dapat bekerja secara offline, tidak memerlukan akses internet seperti wifi ataupun jaringan 3G/4G sehingga tidak ada penambahan biaya.

Sebagai salah satu promising player di industri jasa laundry, Rewash memiliki visi untuk membantu menciptakan pengusaha-pengusaha baru di bidang laundry secara autopilot dengan mengusung tagline 'Laundry Masa Depan dalam Genggaman'. "Ini sebagai kontribusi kami terhadap negara untuk ikut berperan menciptakan lapangan pekerjaan," ucap Ridha.

Sebagai upaya percepatan menciptakan banyak pengusaha laundry baru di Indonesia bahkan di mancanegara, Rewash membuat inovasi baru yang diberi nama AWM by Rewash- mesin cuci otomatis yang dapat dimonitor secara real time sehingga memberikan kemudahan layanan laundry di manapun dan kapanpun.

Ridha mengatakan, AWM By Rewash atau AWMazing Box hadir sebagai solusi optimasi usaha bisnis dengan memberdayakan ruang minimalis di lingkungan hotel, apartemen, vila, kos-kosan, rumah sakit, salon, hingga gym.

Dengan biaya investasi sekitar Rp30 juta, pemilik usaha atau properti dapat memaksimalkan potensi bisnis sebagai revenue tambahan. Adanya mesin yang autopilot membuat pemilik usaha terbebas dari operasional laundry yang menyulitkan, sehingga dapat menjalankan usaha laundry dengan mudah dan menyenangkan.

Keuntungan lainnya adalah pemilik usaha dapat memonitor penggunaan mesin secara real-time melaui smartphone sehingga dapat meminimalisir kecurangan. Bahkan, mesin laundry dapat terus beroperasi meski terjadi gangguan internet.

"Rewash AWM hadir untuk memaksimalkan pendapatan usaha bagi pemilik bisnis untuk mengelola dan ekspansi bisnis di sektor laundry dengan modal seminimal mungkin. Dengan demikian, diharapkan banyak pengusaha-pengusaha laundry yang lahir karena kemudahan dan keuntungan bisnis yang ditawarkan oleh Rewash," kata Ridha berharap.

Dalam kesempatan yang sama, COO Rewash Rizal Indradewa mengatakan bahwa dengan jumlah pelanggan Rewash yang sudah mencapai 30 ribu, menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pihaknya, khususnya tim operasional untuk tetap bisa menjaga, mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas dan layanan bagi pengguna jasa Rewash Laundry.

Karenanya, Rewash terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan dengan program-program yang langsung dirasakan manfaatnya oleh pengguna jasa laundry. Mulai dari layanan gratis antar jemput radius maksimal 3 km dari outlet, paket member laundry hemat untuk mahasiswa dan santri di pesantren, layanan free laundry treatment untuk menghilangkan noda, hingga menggunakan QRIS dan pembayaran digital lainnya untuk kenyamanan pengguna saat bertransaksi di Rewash.

sumber: https://swa.co.id/swa/business-strategy/jurus-rewash-ciptakan-pengusaha-baru-di-bidang-laundry

Posting Komentar

0 Komentar