Kupas Peluang & Tantangan Sektor Telekomunikasi di Masa Depan

 Perkembangan teknologi telah mentransformasi industri telekomunikasi. Hal ini terlihat dari adanya pergeseran telekomunikasi legacy (voice dan SMS) menjadi telekomunikasi berbasiskan data.

Tidak heran jika trafik operator terus meningkat setiap tahunnya. Kondisi tersebut didukung oleh ketersediaan infrastruktur dan akses telekomunikasi yang semakin berkembang.

Di masa depan, terobosan dan inovasi di sektor telekomunikasi pun juga semakin bervariasi. Sehingga berbagai potensi bisnis dan ekonomi digital pun diperkirakan bakal semakin meningkat, terutama jika diiringi peningkatan konektivitas.

Lalu bagaimana masa depan telekomunikasi di tanah air yang selama dua-tiga tahun terakhir telah melalui proses konsolidasi? Apakah kondisi industri yang lebih sehat ini berdampak ke upaya Indonesia meningkatkan aksesibilitas dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat di era digital?

Untuk mengupas secara tuntas perkembangan industri telekomunikasi di dalam negeri, media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia kembali menghadirkan Telco Summit 2023. Mengangkat tema 'Masa Depan Telekomunikasi Indonesia', acara ini akan berlangsung pada Selasa, 6 Juni 2023, pukul 15.30-17.00 WIB.

Berbagai narasumber kompeten turut hadir dalam Telco Summit 2023. Antara lain Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pengerapan, Direktur Investasi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk Hendra Purnama, Direktur Utama PT Inti Edi Witjara, dan Ketua Umum APJATEL, Jerry Mangasas Swandy.

Dalam kesempatan ini, para narasumber ternama akan mengupas berbagai tantangan masa depan telekomunikasi di Indonesia. Mulai dari pengaruh perkembangan teknologi 5G bagi industri telekomunikasi, implementasi jaringan dan perluasan 5G, upaya industri telekomunikasi untuk meningkatkan aksesibilitas dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat, hingga perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia yang akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional melalui Fixed Mobile Convergence (FMC), Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (AI) dalam hal layanan dan infrastruktur.

Dalam kesempatan ini, akan digali juga langkah-langkah lain yang sedang diambil dan disiapkan oleh pemerintah dan perusahaan telekomunikasi untuk lebih memajukan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Jangan sampai ketinggalan CNBC Indonesia Telco Summit 2023 hanya di CNBC Indonesia TV dan cnbcindonesia.com. Acara ini turut didukung oleh Telkom dan Indosat.

sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230606091752-37-443274/kupas-peluang-tantangan-sektor-telekomunikasi-di-masa-depan

Posting Komentar

0 Komentar