Smart Farming Technology di Green Puspa Utan Kayu

 

Siang hari dengan terik matahari yang cerah pada 31 Mei 2023 saya menerjang hiruk pikuk ibukota untuk bertemu Ibu Wininda serta teman kelas jurnalisme lingkungan di kampung sehat terpadu yang letaknya di timur kota Jakarta.

Kampung Sehat Terpadu Green Puspa, kawasan sehat hijau nan asri di Jalan Kramat Asem RW 06, Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, gang sempit yang sangat memanjakan mata bagi siapa saja yang berkunjung .
Smart farming ialah kegiatan pertanian yang menggunakan platform yang dikonektivitaskan dengan perangkat teknologi smart phone untuk mengontrol pemberian nutrisi dan kadar PH serta sistem pengaturan cahaya secara otomatis.
Sayuran hidroponik yang berderetan dari rak-rak, di dinding, dan di pinggir sepanjang jalan gang kampung sehat tersebut dirawat menggunakan teknologi smart farming dengan memanfaatkan Internet of Thinge (IoT).
“Kami hanya dapat memantau pH air untuk nutrisi melalui smart phone. Melalui sistem itu, akan ada indikator lampu merah ketika pH air tidak sesuai atau ada kekurangan nutrisi,” kata Zulfikar
Pengaturan caha juga dilakukan untuk tanaman hidroponik. Ketika cuaca sedang mendung dan pada malam hari, maka lampu akan otomatis menyala, jadi tidak dari sinar UV.
“Dengan mekanisme kerja itu, pemantauan dalam aplikasi dapat dipastikan bahea semua peralatan selalu dalam kondisi baik,” jelas Zulfikar
Sudah ada lebih dari 1500 lubang hidroponik yang dikelola oleh warga dengan gotong royonh. Hasil panen digunakan untuk memenuhi kebutuhan warga.
Teknologi smart framing merupakan solusi pertanian dengan lahan terbatas di tengah kota Jakarta.

Posting Komentar

0 Komentar