Smart Office: Solusi Bisnis Tetap Berjalan Lancar Selama Libur Lebaran

 

Di era digitalisasi ini, perkembangan teknologi hadir untuk mempermudah aktivitas manusia salah satunya di sektor bisnis. Hadirnya teknologi Internet of Things membuat berbagai perangkat semakin terhubung melalui sebuah sistem dengan menggunakan jaringan internet. Hadir Smart Office sebagai salah satu terobosan sistem berbasis IoT.

Smart Office merupakan suatu sistem yang dikembangkan untuk membantu produktivitas manusia dalam melakukan kegiatan di lingkungan kerja dengan menggunakan teknologi cerdas seperti teknologi IoT. Terlebih pada saat liburan panjang seperti hari Raya Idul Fitri, Smart Office dapat membuat kantor Anda aman ditinggal mudik maupun wisata keluarga dikarenakan data dapat diakses dari mana saja.

Penerapan teknologi Smart Office menjadi hal yang dikembangkan untuk membantu pekerjaan pegawai menjadi lebih efektif dan produktif. Tak hanya itu, Smart Office dapat membantu bisnis menjaga efisiensi biaya pengeluaran serta pengamanan ketat atas aset kantor. Smart Office menjadikan kantor lebih terhubung dengan teknologi pintar seperti AI (Artificial Intelligence) dan IoT yang dapat memberikan banyak kemudahan bagi pegawai di lingkungan kerja.

Keunggulan dan Manfaat Smart Office Bagi Bisnis

1. Menjaga dan memonitoring data pegawai
Sistem keamanan komputer dan jaringan merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh bisnis agar tidak terjadinya kejahatan siber, seperti crackingspamming, peretasan data, dan kejahatan lainnya. Dengan hadirnya teknologi IoT atau teknologi intelijen seperti AI, diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Mengurangi jumlah alokasi biaya pengeluaran bisnis
Penerapan Smart Office dapat mengurangi besaran pengeluaran bisnis terkait sumber daya dan pengadaan alat. Hal ini dapat membantu bisnis agar dapat mengalokasikan dan mengkoordinasikan pemasukan untuk kebutuhan produk dan kegiatan bisnis lainnya.

Terintergasi dengan ekosistem bisnis
Dengan Smart Office segala bentuk kegiatan dan aktivitas bisnis, baik secara internal ataupun eksternal telah terintegrasi oleh sistem IoT. Setiap komponen yang menerapkan teknologi IoT dioperasikan melalui suatu sistem dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

4. Mendukung kerja secara remote
Jika bisnis menerapkan Smart Office, maka segala bentuk kegiatan bisnis dapat dikoordinasi secara online. Secara tidak langsung, hal ini membuat pegawai dapat bekerja lebih fleksibel.

Adanya implementasi IoT pada Smart Office dapat menjadikan kantor lebih terhubung dengan teknologi intelijen seperti AI yang dapat memberikan kemudahan bagi banyak pegawai di lingkungan kerja. Terlebih pada saat liburan panjang, Smart Office dapat membuat kantor Anda aman ditinggal karena data dapat diakses dari mana saja sehingga bisnis tetap berjalan lancar. Sebagai perusahaan yang berbasis teknologi, Telkom Indonesia menghadirkan produk Internet of Things (IoT) yang bernama IoT Platform Telkom untuk membantu Anda dalam memudahkan dan memberi efisiensi waktu dalam mengurus pekerjaan kantor.

sumber: https://jurnalpost.com/smart-office-solusi-bisnis-tetap-berjalan-lancar-selama-libur-lebaran/54207/

Posting Komentar

0 Komentar