Melihat Canggihnya Inovasi Layanan Digital Kota Bandung

 


Pemerintah Kota Bandung terus berinovasi dalam mewujudkan layanan publik yang mudah serta bisa diakses oleh semua orang, oleh karena itu pada 17 Desember 2021 silam pemerintah kota Bandung meluncurkan sebuah aplikasi bernama Bandung Sadayana. 'Sadayana' sendiri merupakan sebuah singkatan dari Semua Digital Layanan Kota.

Pada awalnya aplikasi ini diluncurkan sebagai upaya pemerintah kota Bandung untuk menyatukan semua layanan informasi publik dalam satu aplikasi yang terintegritas. Menurut Ganjar Setya Pribadi (ketua Bandung Smartcity) mereka telah melakukan riset sebelum pada akhirnya aplikasi ini bisa disebarluaskan.

"Di riset kami ternyata masyarakat itu dengan banyaknya layanan digital, bukan malah terbantu tapi malah bingung, karena namanya ini kan unik-unik yah, nama dilayanan perizinan ada 'Hayu Gampil', layanan di kependudukan ada 'Salaman', inikan semuanya juga base digital, tapi masing-masing punya ranahnya. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk menyatukan semua Platfrom tersebut dalam satu aplikasi," ujar Ganjar dalam acara podcast dBadami yang tayang Rabu (12/7/2023).


Pasca diluncurkannya Desember silam aplikasi Bandung Sadayana terus dievaluasi agar dapat memfasilitasi layanan publik yang minim gangguan atau eror. Pada tahun 2022 pemerintah lebih berfokus kepada infrastuktur serta ekosistem dari Bandung Sadaya, Ganjar juga menyebutkan pada tahun yang sama juga pihak Goggle memberikan support sebuah Plot space teknologi yang membuat ratusan ribu trafik dari wargi Bandung ditangani secara otomatis oleh goggle. Selain itu, pemerintah juga berkolaborasi dengan salah satu perusahaan US yaitu live Person sebagai Engine untuk Chat GPT pada platfrom Whatasapp Bandung Sadayana.

Aplikasi Bandung Sadayana tidak hanya menawarkan akses layanan publik bagi wargi Bandung, tapi wargi bisa secara langsung terlibat dalam ekosistem digital di kota Bandung.

"Kita juga mempunyai salah satu fitur bernama 'smart event' untuk memfasilitasi wargi Bandung agar dapat menyebarkan event yang nantinya akan mereka gelar," Tambah Ganjar. Untuk mengakses fitur tersebut wargi Bandung hanya perlu mendaftar sebagai member dengan hanya menggunakan email pribadi. Bahkan setelah mendaftar, nantinya wargi Bandung bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas semudah memakai medsos.

Kepada detikJabar Ganjar menyebutkan, pada menu tahap awal yang paling banyak di akses adalah CCTV kemudian layanan seperti perizinan serta aduan infrastruktur. Selain dua fitur tersebut, ada juga fitur layanan harga pangan di pasar. "Karena kan di pasar tidak terstandar, nah dengan adanya fitur itu seenggaknya kita sudah punya pegangan," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, sebagus apapun platfrom yang telah disediakan akan percuma apabila tidak tersosialisasikan dengan baik. Oleh karena itu, pada tahapan selanjutnya Ganjar akan menyebarkan spanduk tentang Sadayana di wilayah seperti desa dan kecamatan yang ada di kota Bandung dan juga akan menggelar event seperti Road to campus. Harapan paling besar adalah bisa mengadakan event entertainment seperti lomba.

Layanan Bandung Sadayana bisa di akses wargi bandung melalui tiga cara antara lain melalui Browser Smartcity.Bandung.go.id, Goggle Play Store, serta via Chat GPT atau Chatbot Whatsapp dengan nomer 08112591810.

sumber: https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6819655/melihat-canggihnya-inovasi-layanan-digital-kota-bandung

Posting Komentar

0 Komentar