Teknologi IoT Bantu Klinik Kesehatan Skrining Awal Pasien dengan Lebih Efisien

 

Saat ini, teknologi Internet of Things (IoT) telah membawa perubahan yang signifikan di berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam bidang kesehatan.

Bukan tanpa alasan, hadirnya teknologi IoT mampu menawarkan banyak manfaat di dunia kesehatan.


Bahkan, teknologi IoT telah mendorong klinik-klinik kesehatan untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan yang lebih efisien bagi pasien.

Kios Sehat merupakan salah satu inovasi terbaru di bidang kesehatan yang memanfaatkan teknologi IoT dalam melakukan pemeriksaan kesehatan tahap awal pada pasien.

Melalui perangkat yang dikembangkan oleh Widya Imersif Teknologi, kedepannya klinik kesehatan dapat melakukan skrining kesehatan secara digital dengan lebih cepat dan mudah.

“Kios Sehat ini merupakan solusi terintegrasi yang memungkinkan klinik melakukan enam jenis pemeriksaan kesehatan sekaligus dalam satu alat," kata Raka Adhitama selaku Business Development PT Widya Imersif Teknologi.

Jenis pemeriksaan kesehatan yang dapat dilakukan melalui perangkat ini sifatnya masih awal sebagai penunjang pemeriksaan vital sign yang dilakukan kepada setiap pasien yang datang ke fasilitas kesehatan.

"Hal ini karena Kios Sehat memang ditujukan untuk mempermudah skrining dan observasi pasien di tahap awal sebelum adanya tindakan," kata Raka, saat ditemui Kamis 6 Juli 2023 di Sleman.

Raka menambahkan bahwa kelebihan dari perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan rintisan berbasis IoT asal Yogyakarta ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan.

Di antaranya, kadar hemoglobin, kadar gula dalam darah, suhu tubuh, berat badan, saturasi oksigen dalam darah serta pengecekan tekanan darah.

Hasil pemeriksaan juga dapat dilihat secara langsung oleh klinik maupun pasien.

Selain itu, data kesehatan pasien pun akan terintegrasi secara real time pada dashboard monitoring yang dapat diakses oleh tenaga kesehatan klinik.

Tidak hanya menciptakan efisiensi dalam proses skrining awal pasien, perangkat kesehatan yang memanfaatkan teknologi IoT tersebut juga mampu menghasilkan pengukuran yang akurat.

Keuntungan lainnya dari Kios Sehat yaitu dari sisi penggunaannya, bahkan pasien dapat mengoperasikan perangkat ini sendiri dengan panduan yang disediakan.

Instruksi yang jelas akan memastikan pasien dapat menggunakan perangkat ini dengan mudah dan nyaman.

Kios Sehat, perangkat pemeriksaan kesehatan canggih yang memanfaatkan teknologi Internet of Things.

Dengan dikembangkannya perangkat Kios Sehat, Widya Imersif telah menghadirkan inovasi baru yang mampu memudahkan klinik dalam melakukan pemeriksaan kesehatan awal pada pasien.

Melalui kemudahan-kemudahan yang dihadirkan oleh inovasi tersebut, kita dapat melihat masa depan yang lebih cerah dalam pelayanan kesehatan.

Inovasi seperti Kios Sehat telah memberikan contoh nyata tentang bagaimana teknologi IoT dapat berperan dalam meningkatkan efisiensi, akurasi serta aksesibilitas dalam pemeriksaan kesehatan.

“Kami sangat senang. Kehadiran inovasi Kios Sehat bisa memberikan manfaat dengan menghadirkan kemudahan-kemudahan khususnya dalam pemeriksaan kesehatan awal."

"Kami berharap dengan hadirnya Kios Sehat di klinik-klinik yang ada di Indonesia kedepannya pelayanan kesehatan akan menjadi lebih optimal," ungkap Raka.***

sumber: https://www.suaramerdeka.com/gaya-hidup/049380682/teknologi-iot-bantu-klinik-kesehatan-skrining-awal-pasien-dengan-lebih-efisien

Posting Komentar

0 Komentar