KADIS KOMINFO JADI NARASUMBER DISKUSI PENYELENGARAAN SPBE DAN SDI

 


Kota Tanjungpinang - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto,ST menjadi salah satu narasumber dalam diskusi yang digelar Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Acara ini berlangsung di kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (30/1/2024).  

Dalam diskusi ini, Teguh berbagi wawasan mengenai penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Satu Data Indonesia (SDI), serta penguatan aspek keamanan siber dan keamanan informasi di Provinsi Kepulauan Riau.

Menurutnya, keterkaitan erat antara SPBE dan SDI yang dikembangkan pemerintah memiliki peran sentral dalam menciptakan pelayanan yang berkualitas dan dapat dipercaya. Keduanya, menjadi aspek penting dalam proses penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan di tingkat pemerintahan.

“Pemko Tanjungpinang melalui Diskominfo terus mendukung upaya implementasi SPBE dan SDI dalam percepatan transformasi digital di daerah. Yakni dengan integrasi aplikasi, sesuai dengan arahan menpan, untuk menyatukan layanan publik di satu portal dan penyelesaian arsitektur SPBE tahun ini,” ucap Teguh.

Dalam diskusi tersebut, Teguh juga membahas isu-isu seputar gangguan keamanan, prosedur penanganan, serta langkah-langkah mitigasi terhadap ancaman keamanan siber dan informasi. 

Selain itu, ia menjelaskan instrumen hukum dan kebijakan pendukung yang diperlukan untuk memastikan kelangsungan dan efektivitas pelaksanaan SPBE dan SDI, termasuk peran serta kebijakan pemerintah pusat dalam mengonsolidasikan penyelenggaraan SPBE dan SDI di seluruh Indonesia.

“Penanganan gangguan keamanan dan pengelolaan  SPBE dan SDI merupakan bagian integral dari upaya transformasi digital di daerah. Pemko Tanjungpinang berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif ini dan berperan aktif dalam menyelaraskan kebijakan daerah dengan arah nasional," papar Teguh.

Diskusi yang dilaksanakan juga dihadiri Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Seskab RI, Purnomo Sucipto, Asisten Deputi Bidang Pertahanan, Keamanan, Komunikasi, dan Informatika, Edwin J.H. Wuisang, serta sejumlah pejabat dari Kementerian Kominfo dan pemerintah provinsi Kepri. 

Selain Teguh, narasumber lainnya yang memberikan kontribusi adalah Kepala BPS Kepri, Darwis Sitorus, dan Kepala Bappelitbang Kepri, Misni. (Dinas Kominfo).

Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik.


Sumber : https://www.tanjungpinangkota.go.id/berita/kadis-kominfo-jadi-narasumber-diskusi-penyelengaraan-spbe-dan-sdi-#prettyPhoto


Posting Komentar

0 Komentar