Memberikan layanan terbaik dengan Freshdesk

Memberikan layanan terbaik dengan Freshdesk



Dalam kegiatan EVENTCERDAS 18 Jan 2024 yang didukung oleh PT Daya Cipta Mandiri Monitoring (DCMM), dengan judul Deliver Exceptional Customer Service with Freshdesk. Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Yuri Tinambunan, dengan dibuka oleh Fanky Christian.

Sharing dan diskusi yang disampaikan sangat menarik, karena dalam jaman sekarang ini, penggunaan omnichannel sudah harus digunakan.

  1. Mengerti interaksi Customer: Coba petakan interaksi customer anda untuk mengerti dimana saja biasanya customer berinteraksi. Ini akan membantu kita melihat kanal mana saja yang digunakan, misalnya melalui website, telepon, facebook, instagram, atau bahkan TikTok .
  2. Pilih kanal yang tepat : Setelah melakukan mapping tadi, coba lihat biasanya apa saja interaksi yang mereka lakukan. Mungkin mereka bertanya, berikan komentar, komplain, lalu mana yang paling banyak. Apakah melalui social media, live chat, email, phone support, in-app messaging, dll
  3. Integrasikan Kanal Anda : Pastikan semua kanal bisa diintegrasikan. Mengapa ? Ini sangat penting agar bisa mensupport customer di berbagai platform. Interaksi yang konsisten dan berkesinambungan diantara berbagai platform adalah hal utama.
  4. Implementasikan "Unified Customer Support Platform": Gunakan platform yang sama untuk mensupport pelanggan anda. Produk seperti Freshdesk memberikan dukungan omnichannel support .
  5. Jaga konsistensi Branding and Messaging: Pastikan semua pesan dan branding bisa konsisten di semua kanal yang ada. Ini akan membantu membangun kepercayaan pelanggan.
  6. Latih tim anda : Memiliki sistem yang bagus, seperti Freshdesk belum tentu cukup. Ada hal lain yang utama, latih tim support anda untuk bisa berinteraksi baik dengan pelanggan.
  7. Aktifkan Self-service Options: Aktifkan kemampuan self-service options seperti FAQs, knowledge bases, dan chatbots untuk memudahkan pelanggan mendapatkan jawaban dengan cepat secara mandiri.
  8. Personalisasi pengalaman pelanggan : Gunakan data pelanggan untuk menyediakan layanan personalisasi. Contoh, bila pelanggan bertanya di satu kanal dan pindah ke kanal lain, transisinya harus mudah, dan siap diakses dalam waktu singkat..
  9. Lakukan Monitor dan optimalisasi : Secara periodik, lakukan monitor performansi dari tiap kanal. Kumpulkan masukan dari pelanggan untuk mengerti apa yang mereka rasakan dalam tiap kanal yang ada. Bila ada yang harus disesuaikan, maka lakukan segera.
  10. Investasikan dalam manajemen data berkualitas : Setelah mereka berinteraksi dalam berbagai kalan, gunakan manajemen data untuk bisa memastikan semua informasi adalah akurat, up-to-date, dan dapat diakses di berbagai kanal.
  11. Pastikan Keamanan dan Privasi : Jangan lupa, data pelanggan adalah hal yang utama. Apalagi sebentar akan berlaku UU PDP di Indonesia. Pastikan semua data ditangani sesuai dengan peraturan yang berlaku, meskipun ada di berbagai kanal.
  12. Adaptasi kanal dan teknologi baru : Tetap terbuka untuk mempelajari kanal baru. TikTok yang semula hanya untuk video, sekarang bisa menyediakan interaksi juga. Demikian juga dengan teknologi lainnya yang mungkin akan bermunculan.
  13. Komunikasi antar departemen: Dalam menangani satu permintaan pelanggan, pastikan semua komunikasi antar departemen berfungsi dengan baik. Semua ini untuk memastikan layanan ke pelanggan tidak terkendala secara internal.

Bagaimana dengan Freshdesk ?

Itulah yang dibahas dalam kegiatan webinar EventCerdas. Anda ketinggalan? Jangan kuatir, bisa mengakses pembahasan ulangnya disini :  https://www.youtube.com/live/T4RHa8P-gsU?si=31RFqpjqSQT_soK1

Anda ingin mendapatkan bahan presentasi kegiatan tersebut ? Cukup membayar 100K maka anda bisa mendapatkannya. Silahkan akses disini: https://eventcerdas.mayar.link/ebook/deliver-exceptional-customer-service-with-freshdesk-31860

Kami nantikan anda terus dalam kegiatan selanjutnya. Minggu depan masih ada Kelas Online Basic PRTG Setup, hanya 150K untuk menjadikan anda bisa mengerti setup dasar dari produk PRTG Network Monitor.

Kelas akan dipandu langsung oleh Paulus ANW Waskito , PRTG Expert Team dari PT LIMA DUA SATU TEKNOLOGI INDONESIA selaku distributor partner PRTG di Indonesia. Silahkan daftar kegiatan 23 Jan 24 di link: https://eventcerdas.mayar.link/pl/prtg-setup-basic-training

Kami nantikan juga kehadiran anda di webinar selanjutnya di tanggal 25 Jan 2024, membahas Workshop JASATIK #1 5 IT Infrastructure Monitoring Trends bersama Reza Hafids dari PT Daya Cipta Mandiri Solusi (DCMS).


Silahkan daftarkan diri anda di : https://eventcerdas.mayar.link/pl/5-it-infrastructure-monitoring-trends .

Sampai jumpa di kegiatan EVENTCERDAS selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar