Telkom (TLKM) Mau Bangun Pusat Data di IKN, tapi Harus Eksklusif

 


IDXChannel - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) siap membangun data center di Ibu Kota Nusantara (IKN). Akan tetapi, data center tersebut diharapkan bisa dibangun secara eksklusif di IKN. 

Vice President Network/IT Strategy Telkom, Rizal Akbar menyebut maksud dari eksklusif adalah, nantinya tidak ada data center lain di IKN, selain milik Telkom Indonesia. Tidak seperti pusat data center yang saat ini ada di beberapa kawasan industri, seperti di Cikarang. 

"Tapi memang kita ingin data center itu eksklusif supaya tidak seperti di Cikarang. Kita expect ada yang eksklusif di sana, mungkin hanya dibangun satu saja untuk cover seluruh kawasan," kata Rizal usai acara bersama Otorita IKN di Jakarta, Senin (15/1/2024).

Rizal menjelaskan, rencana pembangunan data center di IKN memang sudah menjadi wishlist perseroan dalam melakukan ekspansi bisnisnya ke depan. Hal itu untuk menggarap potensi market pada pemindahan ibu kota baru. 

"Rencana ada beberapa yang kita sedang diskusikan, data center. Terus opportunity lain, misalnya cyber security bagaimana memastikan di sana aman," ujar Rizal. 

"Opportunity lain big data dan analitic, jadi banyak kita diskusikan opportunity, tapi memang belum ada fix solid plan dan investasi," sambungnya. 

Pada kesempatan yang berbeda, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom, Heri Supriyadi memaparkan outlook pertumbuhan pendapatan Telkom Group di IKN pada 2024 masih pada kisaran to mid-single digit, dengan marjin EBITDA yang masih bisa dipertahankan pada level 53%.

Beberapa segmen yang akan menjadi kontributor pertumbuhan Telkom Group di 2024, di antaranya adalah data center dan enterprise. Aksi korporasi Telkom Group pada tahun ini masih akan berkaitan dengan strategi-strategi yang ada di dalam 5 Bold Moves. 

"Seperti mengakselerasi pertumbuhan FMC, membentuk entitas InfraCo pada tahun ini, serta mengembangkan kapasitas dan mendapatkan strategic partner untuk bisnis data center," terangnya.

Heri menambahkan, pembangunan data center menjadi salah satu sektor yang dibidik oleh Telkom Group untuk melakukan aksi korporasi pada 2024. Hal itu bertujuan untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan perusahaan, dan melakukan efisiensi operating model di Telkom Group. 

"Tujuan yang pertama adalah memastikan keberlanjutan pertumbuhan perusahaan ke depannya, baik itu di area data center, tower, dan tidak menutup kemungkinan juga di area B2B," tutup Heri.

Sumber : https://www.idxchannel.com/market-news/telkom-tlkm-mau-bangun-pusat-data-di-ikn-tapi-harus-eksklusif/2

Posting Komentar

0 Komentar