Tim Robotik MAN 2 Kota Bima Siap Berlaga di Malaysia



Ajang kompetisi robotic tingkat internasional bertajuk World Robotic Center Competition (WRCC) 2024 siap digelar di Malaysia. Kompetisi bergengsi yang digelar oleh World Robotic Center (Lembaga Pusat Robotika Dunia) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Malaysia serta Multimedia University Malaysia sebagai tuan rumah ini mengusung tema "Robotic Becomes Your Friend and Success". Perhelatannya direncanakan pada 17 Januari hingga 20 Januari 2024. Kampus Multimedia University, Malaysia dipilih sebagai venue kontes yang memiliki misi utama guna menjadikan robotik sebagai sesuatu yang dekat, bersahabat dan bermanfaat bagi masyarakat.


Target peserta kompetisi yang memperebutkan total hadiah 5000 Ringgit Malaysia ini yaitu para pelajar, mulai dari level sekolah dasar hingga menengah atas dan mahasiswa dari 8 negara. Kategori kompetisinya pun beragam yakni open category (Robot Sumo, Robot Soccer, Robot Creative, dan Line Follower) dan close category (Robot Sumo, Robot Soccer, dan Line Follower).


Hadiah yang disediakan oleh panitia berupa Piala, Medali Emas, Sertifikat, dan Uang Pembinaan bagi para juara pada masing-masing kategori (juara 1, 2, 3 dan best favorite). Panitia pun telah menyediakan aneka fasilitas bagi para peserta yaitu tiket pesawat PP (sesuai lokasi keberangkatan), hotel selama kegiatan, konsumsi, kaus resmi WRCC 2024 dan edukasi tour Malaysia.


Salah satu peserta yang telah menyatakan siap untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini yaitu Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kesiapan tersebut dibuktikan dengan telah dilakukannya persiapan robot yang akan dilombakan, pendaftaran kompetisi dan persiapan pendukung lainnya. Hal ini pun dinyatakan sebagai salah satu resolusi besar Tim Robotik MAN 2 Kota Bima pada tahun 2024 yaitu dapat mengikuti kompetisi bergengsi, terutama di luar negeri.

 

"Ini tentu akan menjadi pengalaman luar biasa bagi kami karena nantinya akan banyak belajar dan berkolaborasi bersama peserta dari berbagai negara. Apalagi kami mendapat undangan khusus dari panitia kompetisi. Bisa dikatakan ini resolusi besar 2024 dari Tim Robotik M2. Mohon doa dan dukungan semua warga madrasah semoga kami bisa mengharumkan nama Indonesia pada kompetisi robotik tingkat internasional kali ini, karena selain menjadi delegasi madrasah, disini kami juga sebagai delegasi Indonesia pada ajang ini," ungkap M Anis Fuadi, M.Ed, Pembina Tim Robotik MAN 2 Kota Bima.

Guru Fisika yang merupakan alumnus program Beasiswa NTB Chapter Malaysia tersebut pun berharap bahwa kompetisi ini dapat dimaksimalkan oleh para anak didiknya. Selain berkompetisi, diharapkan nantinya mereka akan mendapat pengetahuan baru, relasi baru dan pengalaman baru terkait dunia robotik.


Kompetisi ini pun direspon dengan baik oleh salah satu siswa yang akan menjadi delegasi Tim Robotik MAN 2 Kota Bima yaitu Dinul Rahman. Siswa yang akrab disapa Diman ini pun menyatakan kesiapannya secara fisik dan mental guna mengikuti kompetisi ini. Ia merasa sangat bersemangat untuk dapat menjadi perwakilan madrasah, daerah bahkan Indonesia dalam ajang ini.


"Secara umum, perasaan saya sangat bersemangat. Saya bersama rekan, Murni Nurul Inayah (kelas X2) dalam tim Robotik MAN 2 Kota Bima siap menjadi delegasi madrasah yang membanggakan daerah Bima, NTB bahkan negara Indonesia dalam ajang bergengsi ini," ujar siswa kelas XI IPA 4 yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Robotik MAN 2 Kota Bima tersebut.


Sumber : https://www.kompasiana.com/bangjown3448/65a39bc3de948f690c425fb2/tim-robotik-man-2-kota-bima-siap-berlaga-di-malaysia

Posting Komentar

0 Komentar