Prestasi Gemilang Radisya Pelajar Kota Kediri di Event Robotic Nasional

 


Kediri–Radisya Raisvan Gunawan warga Jalan Singosari 12 B Kelurahan Balowerti Kecamatan Kota Kediri, menorehkan prestasi gemilang menjadi juara 1 dalam kejuaraan robotika 2024 tingkat nasional di Malang beberapa waktu lalu.

Radisya Raisvan Gunawan merupakan siswa Kelas 6 SD Laboratorium UN PGRI Kediri dan merupakan anak pertama dari 3 bersaudara dari pasangan Tjandra Gunawan dan Nanik Andriani.

Menanggapi prestasi yang telah diraih oleh Radisya Raisvan Gunawan yang merupakan putra Tjandra Gunawan, kebetulan juga bagian dari pengurus KNPI dan AMPI Kota Kediri. Ketua DPD KNPI Kota Kediri terpilih Munjidul Ibad, menyampaikan bangga atas prestasi yang telah diraih oleh putra dari salah satu pengurusnya.

” Ini merupakan prestasi luar biasa yang diraih putra Kota Kediri ini dengan menjuarai kompetisi robotika tingkat nasional,” kata Munjidul Ibad.

Ia mengutarakan capaian Radisya Raisvan Gunawan meraih juara 1 tidaklah mudah. Mengingat lomba yang digelar secara kompetisi ini diikuti ratusan pelajar dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, KNPI memberikan perhatian dan simpati kepada Radisya Raisvan Gunawan, agar bakat, minat, serta kemampuannya dapat lebih ditingkatkan. Tak menutup kemungkinan para pelajar dan pemuda Kota Kediri juga dapat meraih prestasi serupa di tingkat nasional.

” Saya berharap Radisya Raisvan Gunawan jangan cepat puas, teruslah belajar dan mengikuti perlombaan dalam mengasah serta meningkatkan kemampuannya, kalau bisa tembus ke level internasional,” terang aktivis yang akrab disapa Bung Ibad.

Lanjut Bung Ibad, Tak bisa dimungkiri, kesuksesan Radisya Raisvan Gunawan tak lepas dari didikan dan peran orang tuanya. Sehingga menjadi suatu kebanggaan bagi kedua orang tua jika anaknya berhasil meraih prestasi tingkat nasional

”  Kebetulan ayah Radisya Raisvan Gunawan adalah anggota KNPI Kota Kediri. Maka saya salut dan bangga terhadap pola didikan anggota saya di KNPI sebagai orang tua terhadap putranya di rumah,” terang Bung Ibad.

Disinggung mengenai selain apresiasi penghargaan kepada Radisya Raisvan Gunawan. KNPI Kota Kediri juga berencana membuat sebuah gebrakan kegiatan kompetisi robotik dalam program kerjanya. Hal ini guna mendorong, maupun meningkatkan bakat dan minat serta kemampuan pelajar di Kota Kediri.

” Kami akan mencoba mengadakan kompetisi robotik yang bertujuan untuk meningkatkan potensi pelajar Kota Kediri, selain itu juga dengan melahirkan pelajar berprestasi yang akan mengharumkan nama daerah kedepannya,” urai Bung Ibad.

Sementara itu, orang tua Radisya Raisvan Gunawan, Tjandra Gunawan, menyambut baik apresiasi yang diberikan oleh KNPI kepada putranya. Hal ini sebagai bagian memaksimalkan potensi generasi muda di Kota Kediri.

Kedepannya, kata Tjandra Gunawan. KNPI dapat membina pemuda maupun pelajar di Kota Kediri berprestasi dalam sebuah kegiatan maupun program kerja.

” Saya ucapkan terima kasih kepada KNPI Kota Kediri dibawah komando Bung Munjidul Ibad yang telah memberikan apresiasi kepada putra saya,” ucap ayah tiga orang anak ini.

Tjandra Gunawan juga tak pelit berbagi pengalamannya dalam mendidik putranya hingga mampu meraih prestasi gemilang di tingkat nasional. Bahkan, putranya telah mengikuti puluhan kompetisi dan meraih beberapa penghargaan.

” Jadi rutinitas setiap hari, saya bersama istri. Kita memberikan waktu untuk belajar coding (bahasa pemrograman.red) setengah jam lamanya kepada putranya,” papar Tjandra.

Hal lain yang dilakukan orang tua adalah memberikan ide-ide untuk mendukung tumbuh kembang putranya. Yakni, mengubahnya ke projek aplikasi khususnya permainan. Orientasi permainan yang dipilih, yakni kegemaran Radisya Raisvan Gunawan sejak duduk di kelas 4 SD, ia telah gemar memainkan berbagai permainan digital.

” Nah disitulah saya berinisiatif, agar anak saya tidak sekedar memainkan aplikasi permainan. Namun, juga bisa membuat aplikasi permainan,” tutur Tjandra.

Selain memberikan ruang dan kesempatan untuk berkarya. Tjandra Gunawan juga sering mengikut sertakan putranya dalam berbagai perlombaan, secara tidak langsung mempengaruhi mental dan pengalamanyan dalam berkompetisi.

” Untuk perlombaan tingkat nasional lebih dari 10 anak saya ikutkan lomba, dan rata-rata memperoleh predikat juara paling buruk masuk 10 besar,” jelas Tjandra.

Meski disetiap perlombaan baik tingkat daerah hingga nasional yang telah diikuti oleh Radisya Raisvan Gunawan berjalan mulus selalu. Adakalanya kegagalan juga sempat dialami. Maka salah satu caranya, kata Tjandra, adalah dengan memberikan dorongan motivasi atau pesan-pesan bijak ketika mengalami kegagalan.

Hal ini dilakukan agar mentalnya tidak turun, bahkan mengalami frustasi.

” Ketika Radisya Raisvan Gunawan mengalami kekalahan dalam sebuah lomba. Saya dan istri saya ajari dia untuk instrospeksi dan mengevaluasi diri apa yang menyebabkan kegagalan serta terus meningkatkan proses belajarnya,” terang Tjandra.

Dilokasi yang sama, peraih juara 1 Radisya Raisvan Gunawan, mengutarakan, perasaanya dapat membanggakan kedua orangtuanya dan berhasil membawa nama baik sekolah serta daerah di ajang kejuaraan robotika 2024.

” Untuk persiapan projek lomba saya buat sekitar 3 hari bertema menjaga bumi kita dengan nama “alien attack”, ucap siswa kelas 6 SD Laboratorium UN PGRI Kediri yang akrab disapa Radisya.

Ia mengatakan selain sebagai bekal masuk sekolah SMP favorit di Kota Kediri, rencana mendatang dirinya akan membuat karya aplikasi yang lebih bagus dibandingkan sebelumnya.

” Harapan saya bisa masuk SMP dan pastinya akan membuat karya yang lebih bagus lagi,” tutupnya.


Sumber : https://madu.tv/prestasi-gemilang-radisya-pelajar-kota-kediri-di-event-robotic-nasional/

Posting Komentar

0 Komentar