BI Siap Berkantor di IKN, 17 Agustus 2024 Ikut Upacara Bareng Jokowi



Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan jajarannya sudah siap berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). BI akan mulai pindah ke ibu kota baru Indonesia itu saat 17 Agustus 2024.

"Insya Allah 17 Agustus kami bersama pemerintah berkantor pusat di IKN," kata Perry seusai konferensi pers rapat dewan gubernur di Kantor Pusat BI, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Perry menekankan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, kantor pusat BI terletak di Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Ketentuan itu ada di pasal 5 UU BI.

Meski kantor pusat akan ada di BI, Perry menekankan, sebagian besar operasional kegiatan masih akan dilaksanakan di Jakarta, seperti untuk transaksi moneter, cadangan devisa, hingga aktivitas sektor keuangan lainnya.

"BI punya cabang di seluruh Indonesia, tentu saja Jakarta tetap akan menjadi suatu pusat kegiatan karena operasional sebagian besar pembayaran, moneter, cadangan devisa, sektor keuangan ada di Jakarta," ucapnya.

Perry mengatakan, untuk aktivitas perumusan kebijakan tentu tidak akan terpengaruh ketika pindah ke IKN. Sebab, menurutnya dalam seluruh kegiatan operasional setelah masa Covid-19, BI sudah terbiasa dengan teknologi digital.

"Pola kerjanya sudah pola kerja hybrid, seperti sekarang Pak Juda meski sedang dinas di Basel, 2 hari ini ikut RDG (rapat dewan gubernur) dan itu sah sesuai peraturan dewan gubernur, sehingga kedudukannya di sana, kegiatan, tugas-tugas BI bisa digital, virtual," papar Perry.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga sudah bertekad untuk melaksanakan upacara kemerdekaan 17 Agustus 20024 di Ibu Kota Negara (IKN). Otorita IKN pun telah menyiapkan 6.800 undangan untuk perhelatan ini.

"Kami diminta untuk siapkan upacara, upacara panitianya dari Mensesneg, jumah undangan 6.800 orang," ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, Senin, (18/3/2024).

Jokowi mengaku optimistis penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia dapat digelar di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Saya optimistis insyaallah di 17 Agustus 2024 kita akan bisa melakukan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi usai melakukan peninjauan dan peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur di Sumbu Kebangsaan, Kawasan IKN, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024)

sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20240320152619-17-523720/bi-siap-berkantor-di-ikn-17-agustus-2024-ikut-upacara-bareng-jokowi 

Posting Komentar

0 Komentar