Bocoran soal Bandara IKN yang Bakal Beroperasi 1 Agustus



 Jakarta - Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur ditargetkan mulai beroperasi pada 1 Agustus 2024. Hal ini diungkap langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menurutnya, Bandara IKN memiliki panjang runway atau landasan pacu hingga 3.000 meter. Bandara ini akan bisa didarati oleh pesawat tipe Boeing 777.

"IKN kita bangun satu bandara dengan panjang 3.000 meter, berarti 777 bisa mendarat di sana. Kita harapkan 1 Agustus sudah beroperasi," katanya saat ditemui detikcom di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Budi Karya menyebut bandara di IKN memang tidak terlalu besar. Bandara ini mengusung konsep green, dan kawasan hutan di sekitarnya akan tetap dijaga.

"1 Agustus sudah ada kegiatan di sana, kita sudah bangun bandara tidak terlalu besar, tapi konsep bandara itu adalah green sustainable di situ. Bandaranya tidak terlalu menonjol tapi hutan-hutan di sana tetap dilakukan preservasi," ujar dia.

Pada kesempatan itu, ia juga menyebut IKN akan dilengkapi moda kereta otonom tanpa rel konvensional atau Autonomous Rail Transit (ART). Moda transportasi ini mirip seperti Trem namun berbasis baterai.

"Kita juga akan membuat ART, kereta seperti trem tapi tidak pakai aliran, tapi pakai baterai. Jadi bekerja dengan satu kegiatan signal, dia bisa jadi center di IKN," kata dia.

sumber : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-7263980/bocoran-soal-bandara-ikn-yang-bakal-beroperasi-1-agustus 

Posting Komentar

0 Komentar