Kolaborasi Membangun Smart City di Era Digital



 Kota pintar (smart city) merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat. Kehadiran teknologi digital, ikut pula meningkatkan adopsi smart city di berbagai daerah.


Pada Selasa, (19/3/2024) NEC Indonesia telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang berkomitmen kuat untuk mempercepat digitalisasi di Tanah Air.

Kedua perusahaan sepakat menjalin kerja sama dalam mengembangkan Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kota-kota lain di Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan layak huni bagi masyarakat. Telkom Indonesia dan NEC Indonesia akan merumuskan strategi, roadmap, desain, dan implementasi Smart City untuk kota-kota di Indonesia dengan fokus pertama pada pengembangan di IKN yang rencananya akan beroperasi pada 2024.

"Telkom Indonesia berkomitmen kuat mempercepat digitalisasi di seluruh Indonesia melalui konektivitas, platform dan layanan digital khususnya dalam membangun IKN menjadi smart city. Kami senang dapat berkolaborasi dengan NEC untuk mendukung pengembangan ICT kelas dunia di IKN” ujar Ermono Liman Prabowo, VP Network/IT Strategy, Technology & Architecture Telkom Indonesia sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas Penyiapan Layanan Information and Communication Technology (ICT) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Telkom Indonesia saat ini juga tengah membangun Telkom Smart Office di kawasan IKN sebagai upaya penguatan pengembangan IKN, lengkap dengan infrastruktur digital yang lengkap antara lain konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital.

Presiden Direktur, NEC Indonesia, Joji Yamamoto menyampaikan, pihaknya memahami, setiap kota memiliki pendekatan dan kebutuhan yang berbeda-beda dalam menciptakan ruang yang layak huni juga berkelanjutan bagi warganya. "NEC telah mendukung banyak kota di dunia dengan berfokus pada penanggulangan tantangan sosial melalui transformasi digital dalam tata kelola, lingkungan, masyarakat, dan ekonomi untuk memperkaya kehidupan warganya," ujarnya.

NEC akan menggunakan keahlian globalnya dalam sistem operasi smart city untuk berkolaborasi dengan Telkom Indonesia dalam mengembangkan arsitektur kota pintar dan rekomendasi peta jalan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kota-kota lain di Indonesia. 

sumber :https://digitaldonat.republika.co.id/digicafe/1754463519/kolaborasi-membangun-smart-city-di-era-digital

Posting Komentar

0 Komentar