Pemerintah Pastikan Sistem Lalu Lintas di IKN Berbasis AI


TEMPO.COJakarta - Pemerintah memastikan sistem lalu lintas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Otorita IKN mengatakan sistem AI digunakan untuk memperkuat posisi Nusantara sebagai ibu kota cerdas dan berkelanjutan. 

Pemerintah pun menggelar pembuktian konsep atau proof of concept (PoC) sebagai tindak lanjut nota kesepahaman antara Otorita IKN dan  Sergek Projects pada Rabu, 20 Maret 2024. Nota kesepahaman itu telah diteken pada bulan September tahun lalu

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, mengatakan, PoC ini dapat memberikan nilai tambah bagi Nusantara. "Tidak hanya berupa manajemen lalu lintas dan penegakan hukum, tetapi juga analisis emisi kendaraan bermotor di kawasan-kawasan tertentu di Balikpapan," kata dia dalam keterangan tertulis pada Kamis, 21 Maret 2024. 

Sergek Project menyatakan akan mengintegrasikan sistem analisis Sergek ke dalam infrastruktur lalu lintas yang ada di Kota Balikpapan. Ruang lingkup PoC dimulai pada manajemen lalu lintas tingkat lanjut, penegakan hukum lalu lintas, dan monitoring emisi serta ekologi. 

Sejak diluncurkan pada Februari, menurut Ali, platform ini memberikan wawasan dan nilai tambah tentang pola lalu lintas Kota Balikpapan. Sebab, sistem tersebut menggunakan analisis data pada berbagai parameter, seperti waktu perjalanan, kecepatan rata-rata, dan kepadatan arus. Platform berbasis AI milik Sergek memungkinkan operator manajemen lalu lintas, baik di Dinas Perhubungan dan Otorita IKN, membuat keputusan berdasarkan informasi dan data.

Ali berharap penerapan sistem AI dapat membuat pengendalian dan perencanaan lalu lintas berjalan lebih efektif. Menurut dia, langkah ini juga berguna bagi IKN untuk mencapai target rendah emisi karbon dan mendorong penggunaan transportasi publik. 

Dalam kegiatan PoC ini dilakukan juga demonstrasi sistem pada kamera-kamera yang telah dipasang di beberapa titik lalu lintas di Kota Balikpapan.

Direktur Pengembangan Ekosistem Digital Otorita IKN, Tonny Agus Setiono mengatakan PoC yang dilakukan bersama Sergek ini juga dapat dipantau dari Command Center Otorita IKN yang ada di gedung Hunian Pekerja Konstruksi IKN. Kedepannya, kata dia, potensi teknologi ini akan dimaksimalkan di IKN. 


sumber : https://nasional.tempo.co/read/1848155/pemerintah-pastikan-sistem-lalu-lintas-di-ikn-berbasis-ai  

Posting Komentar

0 Komentar